Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mulai Survei Hingga Analisis Kesesuaian untuk Dapatkan Lahan Komoditi Unggulan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Mei 2024 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ruang lingkup pelaksanaan evaluasi kesesuaian lahan komoditi unggulan dilaksanakan mulai dari survei hingga analisis kesesuaian lahan untuk dapatkan lahan komoditi unggulan.

Hal ini disampaikan Profesor Rahmawaty dari Universitas Sumatera Utara atau USU yang menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Budidaya Pertanian Spesifik Lokasi Berbasis Hasil Analisa Kesesuaian Lahan di 15 Desa Lingkar Tambang untuk Pertanian Berkelanjutan melalui Program PPM Community Development PT Agincourt Resources, Batangtoru.

"Ruang lingkup pelaksanaan kami melakukan survei lahan pada titik sampel berdasarkan unit lahan dan didapatkan di 15 desa/kelurahan," kata Prof Rahmawaty dalam rilisnya pada Selasa, 21 Mei 2024.

Titik sampel, lanjutnya, dibagi pada masing-masing desa/kelurahan secara proporsional sesuai luas lahan pertanian dan land unit yang ada.

"Kita juga melakukan wawancara secara langsung kepada masyarakat yang ada di 15 desa/kelurahan," tuturnya lagi.

Jumlah responden menurutnya dibagi pada masing-masing desa/Kelurahan secara proporsional sesuai jumlah masyarakat yang berprofesi sebagai petani.

"Melakukan pembuatan peta unit lahan berdasarkan peta topografi, ketinggian, jenis tanah, dan tata guna lahan di 15 desa/kelurahan," jelasnya lagi.

Pihaknya juga melakukan analisis kesuburan tanah di 15 desa/kelurahan tersebut.

"Kemudian juga melakukan analisis kesesuaian lahan terhadap beberapa jenis tanaman pertanian di 15 desa/kelurahan," bebernya.(TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru