Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Daerah Miliki Peran Strategis Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 21 Mei 2024 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Plh Asisten Pemerintahan dan Kesra (Pemkesra) Setda Provinsi Kalteng Herson B Aden menyebutkan pemerintah daerah berperan penting dalam promosi kekayaan intelektual.

"Pemerintah daerah memiliki peran strategis dalam promosi dan diseminasi kekayaan intelektual komunal," ungkapnya saat Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) dan Merek Kolektif, di Hotel Best Western Palangka Raya, Selasa, 21 Mei 2024.

Dia menilai dengan promosi dan diseminasi yang efektif, kekayaan intelektual komunal tidak hanya dapat dilestarikan tetapi juga dimanfaatkan untuk kesejahteraan komunitas pemiliknya dan masyarakat luas.

Herson menyampaikan, pemerintah daerah dapat mengambil peran-peran utama dimulai dari penyusunan kebijakan dan regulasi diantaranya pembuatan kebijakan lokal.

Kemudian, peningkatan kesadaran dan edukasi, dukungan finansial dan infrastruktur, pengembangan produk dan pemasaran, perlindungan hukum.

Termasuk berperan dengan kolaborasi dan kemitraan, diseminasi dan promosi, serta pendokumentasian dan digitalisasi.

“Dengan peran-peran ini, pemerintah daerah dapat memainkan peran penting dalam melindungi, melestarikan, dan mempromosikan kekayaan intelektual komunal," ungkapnya.

"Sehingga memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang lebih besar bagi komunitas setempat," tambah Herson. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru