Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kontingen Kabupaten Gunung Mas Raih Juara II Lomba Karungut Putri di FBIM 2024

  • Oleh Riska Yulyana
  • 22 Mei 2024 - 12:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kontingen Kabupaten Gunung Mas berhasil mendapatkan juara II atau medali perak pada lomba karungut putri pada Festival Budaya Isen Mulang yang digelar di GOR Serbaguna Kota Palangkaraya, Selasa, 21 Mei 2023.

"Kami bersyukur kita bisa meraih juara II pada lomba karungut untuk kategori putri. Walaupun masih belum mendapat peringkat pertama akan tetapi karungut putri Gunung mas ada peningkatan dalam sehi kualitasnya," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Gunung Mas Hansli Gonak melalui Kabid Kesenian Ahmadi, Rabu, 22 Mei 2024.

Dia melanjutkan pada 2022 dan 2023, Kontingen Kabupaten Gunung Mas meraih peringkat ke III tetapi tahun ini naik menjadi peringkat kedua.

"Kami berharap, selanjutnya kita bisa terus belajar dan meningkatkan kualitas diri dalam mengikuti lomba karungut, sehingga apa kita bisa mendapatkan peringkat pertama untuk kesenian karungut kita Kabupaten Gunung Mas," ucapnya.

Pihaknya juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan kepada Kontingen Kabupaten Gunung Mas dalam mengikuti FBIM 2024 di Kota Palangka Raya.

Sementara itu, pelatih karungut asal Gunung Mas Ucun A Tingang menjelaskan bahwa penyanyi Karungut putri asal Gumas bernama Seni Hartati membawakan lagu karungut dengan judul "Kesah Batu Panahan Lewu Upon Batu" ciptaan Ucun A. Tingang.

Kemudian penyanyi karungut putra dari Gumas yakni Indra Tuah membawakan judul karungut "Legenda Puruk Temanggung Amai Rawang" citpaan Ucun A. Tingang.

"Pergelaran lomba karungut ini sudah kami siapkan orang-orangnya dan kru-nya juga, mulai dari pemain musik dan vokalnya, saya berharap kita bisa menjadi lebih baik lagi pada lomba karungut berikutnya," kata Ucun. (RISKA YULYANA/R)


TAGS:

Berita Terbaru