Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Gunung Mas Akhirnya Resmikan Gedung Perpusda

  • Oleh Riska Yulyana
  • 23 Mei 2024 - 14:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas Jaya S Monong resmikan gedung layanan operasional terbatas Perpustakaan Daerah setempat, Rabu sore, 22 Mei 2024.

"Kami bersyukur kemarin telah meresmikan perpustakaan daerah Kabupaten Gunung Mas. Kami berharap masyarakat bisa segera memanfaatkan fasilitas dan buku-buki yang ada untuk menambah pengetahuan," ujar Jaya, Kamis, 23 Mei 2024.

Dia berharap petugas juga bisa memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat sehingga membuat pengunjung nyaman untuk datang ke perpustakaan daerah Kabupaten Gunung Mas.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas Maria Efianti menjelaskan bahwa pembangunan gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Gunung Mas tersebut dibangun menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dari Perpustakaan Nasional Indonesia senilai sekitar Rp10 miliar lebih.

"Dengan diresmikannya Perpustakaan Daerah Kabupaten Gunung Mas ini, kami menyelipkan haparan agar bisa berkelanjutan dalam memberikan dukungan untuk pengembangannya. Terutama dalam pemenuhan tenaga (SDM), bahan pustaka dan melengkapi sarana/prasarana gedung termasuk penataan halaman dan lingkungan," ucap Maria.

Dalam rangka menghadapi perkembangan teknologi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga telah mulai menyediakan layanan bahan pustaka berupa buku digital. "Pada tahun ini kami juga merencanakan untuk menyediakan tugu baca yang nantinya bisa dijadikan sebagai tempat pojok baca digital," imbuh Maria.

Termasuk memberikan dukungan terhadap Kabupaten Layak Anak dan pemenuhan terhadap usulan anggota forum anak daerah pada musrenbang kabupaten.

"Kami menginformasikan terkait layanan satu kartu terintegrasi(SAKTI) yang merupakan kartu anggota perpustakaan umum daerah Kabupaten Gunung Mas berbasis nomor induk kependudukan (NIK) yang terintegrasi dengan data Perpustakaan Nasional Republik Indonesia," jelasnya.

Masyarakat Kabupaten Gunung Mas yang sudah menjadi anggota "sakti" secara otomatis sudah masuk ke database keanggotaan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

"Penyederhanaan sistem keanggotaan ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses peminjaman koleksi bahan pustaka di perpustakaan umum daerah yang sudah terintegrasi denganPerpustakaan Nasional Republik Indonesia," tukasnya. (RISKA YULYANA/R)


TAGS:

Berita Terbaru