Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distanak Bakal Suntik Rabies Anjing di Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 01 Juni 2016 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Katingan bakal melakukan suntik antirabies terhadap anjing piaraan di beberapa wilayah kecamatan. Yang akan disuntik, bukan hanya anjing-anjing piaraan, tapi juga anjing liar tak bertuan.

'Harapan kita dengan penyuntikan antirabies ini semua anjing di wilayah Kabupaten Katingan bisa terbebas dari penyakit rabies itu," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Katingan, Hendri, di kantornya, Selasa (31/5/2016).

Hendri mengaku dalam kurun waktu setahun terakhir ini pihaknya belum mendapat laporan terkait warga yang digigit anjing gila terinfeksi rabies itu. "Sejauh ini kami belum ada mendapat laporan baik secara tertulis, maupun lisan terkait warga yamg tergigit anjing gila."

Hendri mengaku selain di Kecamatan Katingan Hilir, anjing piaraan maupun liar juga banyak ditemui di beberapa kecamatan lain, seperti Tewang Sanggalang Garing, Pulau Malan, Katingan Tengah, Sanaman Mantikei, Katingan Hulu dan Kecamatan Petak Malai.

"Ciri-ciri anjing yang terinfeksi rabies, selain kondisi tubuhnya lemas, juga selalu mengeluarkan air liur. Lainnya, ekor anjing rabies itu selalu digapit di antara dua kaki belakangnya. Jadi kalau mendapati anjing seperti ini agar berhati-hati," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru