Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penduduk Miskin di Palangka Raya Disebut dari Pendatang

  • Oleh Marini
  • 23 Mei 2024 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penyuluh Sosial Ahli Muda Dinas Sosial Kota Palangka Raya Rima Fitriani mengatakan, Palangka Raya sebagai ibu kota Provinsi Kalteng memiliki kawasan rentan kemiskinan seperti daerah Puntun, Mendawai, Flamboyan Bawah.

Menurut dia, penduduk yang bermukim di kawasan tersebut kebanyakan merupakan pendatang berasal dari luar Kota Palangka Raya. Mereka banyak yang menempatkan diri dengan cara bertempat tinggal berpindah-pindah. 

Para pendatang dinilai kalah saing dalam ilmu pengetahuan, pengalaman, dunia kerja karena keterbatasan pada pendidikan.

"Pendatang ini masih kalah dalam daya saing dan sumber daya manusia. Kebanyakan dari mereka adalah lulusan SD hingga SMP sehingga masih jauh dari lowongan pekerjaan yang bisa menyejahterakan," katanya, Kamis, 23 Mei 2024.

Dalam administratif katanya, para pendatang sudah berdomisili sebagai warga Kota Palangka Raya dalam identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Upaya untuk mengurangi angka kemiskinan di Palangka Raya telah menjadi prioritas bagi Pemerintah Kota Palangka Raya.

Hal ini dengan melaksanakan program-program pemberdayaan ekonomi dan sosial telah diluncurkan untuk membantu penduduk miskin meningkatkan taraf hidup.

"Program-program ini meliputi pelatihan keterampilan, bantuan modal usaha, dan akses ke layanan kesehatan dan pendidikan," bebernya. (MARINI/j)

Berita Terbaru