Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Lapangan Pekerjaan Ini Memiliki Distribusi Tenaga Kerja Paling Besar di Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Mei 2024 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Komposisi penduduk bekerja menurut lapangan usaha dapat menggambarkan penyerapan masing-masing sektor dari seluruh penduduk yang bekerja di pasar kerja Kalimantan Tengah. 

"Berdasarkan hasil Sakernas Februari 2024, tiga lapangan pekerjaan yang memiliki distribusi tenaga kerja paling besar adalah Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan sebesar 34,83 persen atau 480,59 ribu orang," kata Kepala Badan Pusat Statistik atau BPS Provinsi Kalteng, Eko Marsoro pada Kamis, 23 Mei 2024.

Disusul oleh Perdagangan Besar dan Eceran, kata Eko lagi, Reparasi dan Perawatan Mobil dan Sepeda Motor sebesar 14,36 persen atau 198,10 ribu orang dan Pertambangan dan Penggalian sebesar 8,95 persen atau 123,51 ribu orang.

"Dibandingkan kondisi Februari 2023, terdapat perubahan jumlah pekerja di masing-masing lapangan usaha," tutur Eko.

Peningkatan persentase pekerja terbesar menurutnya terjadi pada lapangan usaha Akomodasi dan Makan Minum yang mencapai 2,21 persen poin. Sebaliknya, lapangan usaha Perdagangan Besar dan Eceran mengalami penurunan persentase pekerja terbesar, yaitu mencapai 3,42 persen poin.

"Selain itu, lapangan usaha Industri Pengolahan juga mengalami penurunan sebanyak 1,80 persen poin," tuturnya.

Eko menjelaskan, bekerja adalah kegiatan melakukan pekerjaan dengan maksud memperoleh atau membantu memperoleh penghasilan atau keuntungan paling sedikit selama satu jam dalam seminggu terakhir.

Untuk melihat struktur penduduk bekerja maka perlu diperhatikan karakteristiknya. Karakteristik penduduk bekerja akan disajikan berdasarkan lapangan usaha, status pekerjaan, pendidikan tertinggi yang ditamatkan dan jumlah jam kerja selama seminggu yang lalu. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru