Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Salurkan Bantuan Beras untuk Korban Banjir di Desa Bagendang Tengah

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 25 Mei 2024 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) menyalurkan bantuan beras untuk korban banjir di Desa Bagendang Tengah, Kecamatan Mentaya Hilir Utara.

"Hari ini pemerintah menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat korban banjir di Desa Bagendang Tengah sebanyak 2.500 kg. Dimana tiap kepala keluarga (KK) mendapatkan 10 kg beras," kata Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kotim Rihel, Jumat, 24 Mei 2024.

Desa Bagendang Tengah merupakan salah satu desa yang terdampak banjir awal bulan Mei 202. Banjir tersebut disebakan curah hujannya sangat tinggi bersamaan pasang air laut yang tinggi serta sungai yang tidak bisa menampung lagi debit air sehingga menyebabkan bencana banjir. 

Kondisi tersebut menyebabkan pemerintah daerah mengambil langkah untuk menetapkan status tanggap darurat banjir pada 4 mei sampai dengan 17 mei 2024.

"Saya atas nama pribadi dan atas nama masyarakat kabupaten Kotim tentunya ikut merasakan prihatin yang mendalam atas kejadian bencana banjir yang terjadi dan mengakibatkan rumah warga banyak terendam air," ujarnya. 

Bencana banjir di desa bagendang tengah, ketinggian air mencapai hingga sepinggang orang dewasa. Hal ini mengakibatkan fasilitas umum dan sosial seperti puskesmas tidak berfungsi dan Sumur-sumur warga banyak yang terendam.

Untuk keperluan air bersih sehari hari warga desa bagendang tengah telah mendapatkan bantuan dari PDAM sampit. 

"Penyaluran beras ini sebagai wujud rasa keprihatinan dan kepedulian kami sesama manusia untuk sedikit meringankan beban yang dirasakan oleh korban bencana banjir yang terjadi di desa bagendang tengah," tandasnya. 

Sementara itu, Camat Mentaya Hilir Utara Muslih mewakili warga mengucapkan terima kasih atas bantuan pemerintah daerah. Bantuan beras tersebut membantu meringankan beban warga terdampak banjir di Desa Bagendang Tengah. 

"Bantuan ini sangat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan ditengah dampak bencana yang berimbas kepada perekonomian mereka," kata Muslih. (DEWI PATMALASARI/H)


TAGS:

Berita Terbaru