Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelapa Sawit Telah Jadi Bagian Produk UKMK

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Mei 2024 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kelapa sawit telah menjadi bagian dari produk-produk Usaha Kecil Menengah dan Koperasi atau UKMK, baik dalam bentuk pangan, kerajinan, dan non-pangan.

"Upaya memajukan UKMK sawit telah dilakukan agar meningkatkan nilai tambah dan kesejahteraan pelaku UKMK," kata Kepala Divisi UKMK pada Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Helmi Muhansyah dalam rilisnya pada Sabtu, 25 Mei 2024.

Langkah ini menurut Helmi dilakukan melalui kegiatan Temu UKMK dan Promosi Sawit Baik yang telah beberapa kali diselenggarakan dengan dukungan BPDPKS.

"Baru-baru ini Sawit Indonesia dan BPDPKS telah bekerjasama untuk mendukung pemberdayaan pelaku UKMK khususnya di Solo," tutur Helmi lagi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Temu UKMK dan Promosi Sawit Baik, Qayuum Amri, dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa kegiatan Temu UKMK Sawit telah dilakukan juga pada tahun 2023.

"Dan di tahun ini, kami menyelenggarakan kegiatan serupa sebagai bagian dari edukasi manfaat serta kontribusi kelapa sawit bagi Indonesia," tutur Qayuum.

Qayuum menjelaskan bahwa Solo dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Temu UKM Sawit karena perkembangan jumlah pelaku UKM bertambah pesat.

"Pada 2023, jumlah UKM sebanyak 13.203 pelaku usaha, terjadi kenaikan 18,33 persen dibandingkan tahun 2022 yang berjumlah 11.157 pelaku usaha," katanya.

Faktor lainnya adalah pesatnya kegiatan berskala nasional dan internasional yang menempatkan Solo sebagai destinasi kota MICE atau meeting, incentive, convention and exhibition yang membuka lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Karena itulah, kami ingin mengusulkan Solo dijadikan Pusat Promosi UKM Sawit agar masyarakat dan wisatawan mengetahui manfaat serta kebaikan sawit bagi Indonesia. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui batik, makanan, dan kerajinan yang memiliki kandungan sawit dapat belajar langsung dari pelaku UKM di Solo dan sekitarnya," ujarnya lagi.

Kegiatan Temu UKMK dan Promosi Sawit Baik ini dibuka oleh Gatot Sutanto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Surakarta.

Berita Terbaru