Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beri Uang ke Pengemis di Palangka Raya Akan Didenda Rp 100 Ribu

  • Oleh Hendri
  • 25 Mei 2024 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Palangka Raya Berlianto menegaskan, memberikan uang atau barang kepada pengemis dapat dikenakan sanksi denda hingga Rp 100 ribu.

Berlianto menjelaskan, ketentuan ini tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 17 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum dan Perda Nomor 09 Tahun 2012 tentang Penanganan Gelandangan, Pengemis, Tuna Susila dan Anak Jalanan.

"Berdasarkan Perda yang berlaku, memberikan uang atau barang kepada pengemis dapat dikenakan sanksi denda hingga Rp 100 ribu," katanya, Sabtu, 25 Mei 2024.

Ia menegaskan bahwa kebijakan ini bertujuan untuk menertibkan keberadaan pengemis di ruang publik dan mendorong mereka untuk mandiri.

Ia menjelaskan, pihaknya akan melakukan penindakan tegas terhadap warga yang memberikan bantuan kepada pengemis.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tidak memberikan uang atau barang kepada pengemis. Bantuan sebaiknya disalurkan melalui lembaga atau organisasi sosial yang terpercaya," ujar Berlianto.

Selain denda, lanjut Berlianto, pengemis yang tertangkap juga dapat dikenakan sanksi pembinaan dan rehabilitasi sosial sesuai ketentuan peraturan daerah yang berlaku.

"Tujuan kami adalah menciptakan ketertiban umum dan mendorong kemandirian warga, bukan semata-mata menghukum. Kami berharap kebijakan ini dapat ditaati demi kepentingan bersama," pungkasnya. (HENDRI/H)

Berita Terbaru