Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Murung Raya Juara 1 Lomba Perahu Hias FBIM 2024, Disusul Dua Kabupaten ini

  • Oleh Marini
  • 26 Mei 2024 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Lomba perahu Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tahun 2024, kategori kabupaten/kota untuk juara 1 berhasil diraih oleh Kabupaten Murung Raya. Sedangkan untuk, Juara II Kabupaten Barito Utara, dan Juara III Kabupaten Barito Selatan.

Sekitar kurang lebih 22 perahu hias yang mengikuti lomba tersebut. Adapun rincian juara Kategori Umum Juara I Kopat Borneo, dan Juara II Betang Main Kuntau Bakoi Salamat Kambe.

Kategori SOPD Juara I Perkimtan Provinsi Kalteng, Juara II Dinas Perhubungan Provinsi Kalteng, dan Juara III Dinas Dagperin Provinsi Kalteng. Sedangkan,  kapal Hias Favorit dari Korem 102/Panju Panjung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Adiah Chandra Sari selaku Ketua Panitia FBIM mengatakan bahwa, sesuai dengan Tema Lomba Perahu Hias yang diusung pada FBIM 2024 yaitu "Alamku Indah, Religius, Kuat, dan Hebat".

"Kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat merawat tradisi perahu dan memperindahnya agar dapat menarik wisatawan berkunjung ke Kalimantan Tengah khususnya untuk mengenal wisata dan adat istiadat masyarakat tepian sungai, serta menjadikan tradisi ini sebagai hiburan bagi masyarakat dan wisatawan baik lokal maupun mancanegara" katanya, Sabtu, 25 Mei 2024.

Lomba Perahu Hias mengangkat nilai historis jukung yang pada zamannya menjadi urat nadi kegiatan perekonomian dan sosial budaya masyarakat Kalimantan Tengah. 

"Lomba Perahu Hias menjadi salah satu kegiatan daya tarik unggulan untuk mendatangkan wisatawan ke Kalimantan Tengah, dan selamat kepada para juara yang telah berhasil menampilkan karya terbaiknya," bebernya.

Sebagai penilaian katanya, meliputi kebersihan perahu, keindahan, keselamatan, dan kreativitas. Serta sesuai dengan tema yang diangkat. Kriteria penilaian antara lain dekorasi hiasan perahu, dekorasi hiasan hidup penampilan dan atraksi dalam perjalanan serta kriteria tambahan lainnya. (MARINI/j)

Berita Terbaru