Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angkat Udang Vaname, Dislutkan Kalteng Raih Juara I Karnaval Budaya

  • Oleh Marini
  • 26 Mei 2024 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalteng meraih penghargaan Juara 1 Karnaval Budaya Isen Mulang (FBIM) 2024 Kategori Umum, dengan mengakat tema udang vaname.

Kepala Dislutkan Provinsi Kalteng H. Darliansjah mengatakan bahwa, udang sebagai simbol kekayaan laut, tidak hanya mencerminkan potensi sumber daya alam, tetapi juga persatuan antara Suku Dayak dan Masyarakat Pesisir dalam menjaga keberlanjutan kelautan dan perikanan.

"Dalam karnaval ini ditampilkan pula Maskot Udang Vaname yang merupakan komoditas yang sedang dibudidayakan di tambak udang Shrimp Estate Berkah yang berada di Kabupaten Sukamara," katanya, Minggu, 26 Mei 2024.

Shrimp Estate Berkah ini merupakan program strategis Pemprov Kalteng dan terobosan inovatif Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran. Untuk itu, pihaknya berinisiatif untuk menunjukan hal tersebut pada karnaval budaya yang digelar.

"Dengan kearifan lokal, Gubernur Kalimantan Tengah menggagas inovasi pengembangan potensi Kelautan dan Perikanan melalui program Shrimp Estate Berkah atau Pengembangan Kawasan Tambak Udang Vaname di Sukamara, yang diyakini mampu menjadi trigger percepatan tumbuhnya ekonomi baru di wilayah pesisir pantai Kalimantan Tengah," jelasnya.

Hal ini menurutnya, mampu berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD), penyerapan tenaga kerja lokal dan wirausaha handal di Kalteng. Dirinya berharap, semoga dengan adanya juara ini dapat memaksimalkan perikanan di Kalteng. (MARINI/j)

Berita Terbaru