Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Kecamatan di Katingan Kebanjiran

  • Oleh Abdul Gofur
  • 26 Mei 2024 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bencana banjir terjadi di Kabupaten Katingan sejak dua hari terakhir akibat luapan Sungai Katingan.

Sejumlah wilayah kecamatan pun mulai terdampak banjir.

Di antaranya adalah Kecamatan Katingan Hulu, Bukit Raya dan Kecamatan Marikit.

Dari nformasi yang dihimpun media ini, banjir mulaii menggenangi sejumlah wilayah di Kecamatan Katingan Hulu sejak Jumat malam, 24 Mei 2024.

Banjir di wilayah tetsebut disebutkan karena curah hujan tinggi sehingga menyebabkan air sungai naik ke daratan. Selain di Tumbang Sanamang, ibukota Kecamatan Katingan Hulu, banjir juga terjadi di Tumbang Hiran, ibukota Kecamatan Marikit.

Banjir di bagian atau wilayah hulu Kabupaten Katingan tersebut juga bakal berdampak ke daerah atau wilayah kecamatan yang ada di bagian tengah maupun hilir, terutana yang dialiri Sungai Katingan, seperti Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah, Pulau Malan, ibukota Kecamatan Pulau Malan, Pendahara, ibukota Kecamatan Tewang Sanggalang Garing dan Kasongan, ibukota Kecamatan Katingan Hilir maupun wilayah hilir lainnya seperti Kecanatan Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Markus, Minggu, 26 Mei 2024, membenarkan terjadinya sejumlah wilayah kecamatan yang mulai kebanjiran akibat luapan Sungai Katingan tetsebut.

"Iya benar ada beberapa wilayah yang banjir akibat luapan Sungai Katingan sejak kemarin, ini karena curah hujan tinggi terutama di bagian hulu," kata Markus.

Menurutnya, curah hujan tinggi itu terjadi di sejumlah daerah, misallnya Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Pulau Malan, Katingan Tengah, Sanaman Mantikei, Marikit, Katingan Hulu, Katingan Kuala, Petak Malai, dan Kecamatan Bukit Raya. Markus mengimbau kepada warga terutama yang tinggal di bantaran Sungai Katingan agar selalu waspada saat sungai meluap atau banjir.

Saat ini,  kata Markus banjir di bagian huku berangsur surut, namun banjir kiriman bakal menerjanh di wilayah tengah maupun hilir Katingan. (ABDUL GOFUR/J)

Berita Terbaru