Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musang Pandan Terjebak di Rumah Warga Dievakuasi ERP

  • Oleh Pathur Rahman
  • 26 Mei 2024 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Seekor hewan musang pandan atau Paradoxurus hermaphroditus terjebak di dalam ruang belakang rumah warga Jalan Jalak II, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya.

Hewan nokturnal beraroma daun pandan ini tiba-tiba terjatuh dari atap rumah sekitar pukul 04.00 WIB, Minggu, 26 Mei 2024, saat pemilik rumah, Novie Alfianti, hendak melaksanakan sholat subuh.

Novie mengungkapkan, saat mendengar suara gedebuk jatuh, ia segera memeriksa dan menemukan hewan yang mirip kucing tersebut. Setelah diperiksa lebih dekat, ternyata itu adalah seekor musang. Novie pun segera menghubungi tim Emergency Rescue Palangka Raya (ERP) untuk menangani kasus tersebut.

Kepala Bagian Operasi ERP, Yustinus Exaudi akrab disapa Bagi mengatakan timnya segera menerjunkan dua personel dengan membawa peralatan untuk menangkap dan mengevakuasi musang tersebut. 

"Penanganan memakan waktu sekitar 30 menit karena musang tersebut sempat melakukan perlawanan dengan mencakar dan menggigit alat penangkap," katanya, Minggu, 26 Mei 2024.

Nago menjelaskan bahwa kemungkinan musang tersebut terjatuh dari atap saat mengejar mangsanya seperti tikus, ular, burung, atau kelelawar, namun tidak melihat batas ujung rumah yang licin.

Setelah berhasil ditangkap, musang tersebut diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Tengah untuk diobservasi terlebih dahulu.

"Selanjutnya, musang akan dilepaskan kembali ke habitat alaminya di alam yang jauh dari jangkauan manusia, agar populasinya tetap lestari," pungkasnya. (PATHUR/j)

Berita Terbaru