Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Laksanakan Upacara Peringati HUT Kalteng ke-67

  • Oleh Marini
  • 27 Mei 2024 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Kalimantan Tengah (Kalteng), pemerintah provinsi melaksanakan upacara bersama, baik dari pemerintahan, TNI/Polri, DPRD, Kejaksaan, pemerintah kabupaten/kota, dan lainnya, di halaman Kantor Gubernur Kalteng, Senin, 27 Mei 2024 pagi.

Pelaksanaan kegiatan dipimpin oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran sebagai inspektur upacara, yang mengenakan pakaian nasional beruapa jas hitam, dasi merah serta peci nasional. Sedangkan pejabat lainnya mengenakan pakaian adat ciri khas Kalteng.

Pelaksanaan upacara tersebut juga diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), dan unsur pendidikan baik itu SMA hingga perguruan tinggi. Pemandu musik berasal dari tim drum band TNI, dan paduan suara berasal dari SMA 2 Palangka Raya. Yang bertugas sebagai komandan upacara Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng M. Reza Prabowo. 

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dibacakan pula secara singkat Kalteng, yang diresmikannya tiga Provinsi di Kalimantan yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan pada tanggal 1 Januari 1957, Presiden Soekarno membuat keputusan untuk menambah satu Provinsi lagi yaitu Provinsi Kalimantan Tengah. 

Keputusan tersebut menjadi awal peresmian kantor Persiapan Pembentukan Provinsi Kalimantan Tengah oleh Menteri Dalam Negeri.

RTA Milono selaku Gubernur menjadikan Provinsi Kalimantan Tengah sebagai tempat residen dari Departemen Dalam Negeri tanggal 23 Mei 1957, dengan keluarnya UU darurat Nomor 10 tahun 1957 tentang Pembentukan Daerah Swatantra Provinsi Kalimantan Tengah. 

Hal tersebut menjadi akhir dari jabatan RTA Milono sebagai Gubernur Pembentuk Kalimantan Tengah dan sekaligus penunjukan dan pengangkatan RTA Milono sebagai Gubernur Kalimantan Tengah definitif oleh Pemerintah Pusat. 

Dua bulan kemudian, Palangka Raya ditetapkan sebagai ibukota Kalimantan Tengah. Palangka Raya memiliki arti tempat yang suci, mulia, dan besar. Namun, Presiden Soekarno baru meresmikan dan melakukan pemancangan tiang pertama pada tanggal 17 Juli 1957.

Pada saat itu, Provinsi Kalimantan Tengah hanya memiliki 3 Kabupaten Daerah tingkat II yaitu Kabupaten Barito, Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Kotawaringin.

Selanjutnya Kabupaten tersebut dimekarkan menjadi 5 Kabupaten yaitu:

Berita Terbaru