Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Sukamara Laksanakan Program JEBOL ke Sekolah

  • Oleh Norhasanah
  • 27 Mei 2024 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sukamara laksanakan program Sistem Jemput Bola (JEBOL) kepada pelajar tingkat SLTA untuk perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) dan dan kepemilikan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

“Kita melaksanakan program JEBOL untuk pelajar tingkat SMA, SMK dan MA. Bersama petugas kita melakukan perekaman data terhadap siswa-siswi yang telah berhak melakukan perekaman dan memiliki KTP-EL dan IKD,” ucap Kepala Disdukcapil Sukamara, Jainudin. Senin, 27 Mei 2024.

Menurut dia, karena adanya program dengan sistem jemput bola kepada para siswa disetiap sekolah, sehingga untuk pelayanan langsung tidak ada peningkatan yang signifikan untuk permohonan pembuatan KTP oleh pelajar.

Jainudin menjelaskan, permintaan atau pemohonan pembuatan KTP dari kalangan pelajar memang terjadi saat mereka memasuki usia 17 tahun atau saat pelajar tersebut duduk dibangku  kelas  XI dan Kelas XII disekolah SMA, SMK maupun Madrasah Aliyah atau MA.

"Sehingga kami memang memprogramkan pelayanan pembuatan KTP bagi pelajar ini sebanyak 2 kali dalam satu tahun dengan mendatangi langsung sekolah-sekolah yang ada diwilayah ini," ujarnya.

Dia berharap, dengan adanya program jemput bola pembuatan administrasi kependudukan ke sekolah-sekolah, masyarakat termasuk para pelajar yang sudah wajib KTP untuk tertib dalam adminstrasi kependudukan.

“Karena Kartu Tanda Penduduk ini penting dan nantinya bisa dipergunakan untuk berbagai kepentingan saat mereka sudah lulus sekolah,” jelasnya.

Jainudin menambahkan, program JEBOL ke sekolah ini tidak hanya di laksanakan dua kali dalam setahun, tetapi pelayanan akan diberikan apabila ada sekolah yang membutuhkan pelayanan Adminduk dengan jumlah pemohon yang cukup banyak.

“Jadi sekolah bisa langsung menghubungi Dinas Dukcapil Sukamara agar kami bisa datang langsung untuk pelayanan," pungkasnya. (NORHASANAH/H)

Berita Terbaru