Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ekspor Melalui Pelabuhan Kalteng Didominasi Hasil Industri

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 Mei 2024 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ekspor melalui pelabuhan di Kalimantan Tengah selama Maret 2024 didominasi oleh hasil industri, yaitu sebesar US$58,27 juta atau 90,36 persen dari total ekspor melalui pelabuhan di Kalimantan Tengah.

"Ekspor hasil industri tersebut berasal dari kelompok lemak dan minyak hewani/nabati yakni minyak kelapa sawit, kayu dan barang dari kayu yakni kayu lapis dan kayu olahan, berbagai produk kimia yakni kimia dasar organik yang bersumber dari hasil pertanian, serta ampas/sisa industri makanan yakni bungkil dan residu," kata Kepala Badan Pusat Statistik atau BPS Provinsi Kalteng, Eko Marsoro pada Senin, 27 Mei 2024.

Selama Maret 2024, kata Eko, layanan ekspor komoditas tambang melalui pelabuhan di Kalimantan Tengah mencakup 5,58 persen dari total ekspor melalui pelabuhan Kalimantan Tengah.

"Sebagian besar ekspor komoditas tambang dilakukan melalui pelabuhan di luar Kalimantan Tengah," katanya.

Nilai ekspor hasil tambang melalui pelabuhan Kalteng pada Maret 2024, tuturnya, mencapai US$3,60 juta.

"Ekspor hasil tambang tersebut berasal dari kelompok bahan bakar mineral yakni batu bara," katanya lagi.

Berbeda dengan ekspor hasil tambang, lanjut Eko, ekspor produk-produk pertanian di Kalimantan Tengah sebagian besar dilakukan melalui pelabuhan di Kalimantan Tengah.

"Selama Maret 2024, ekspor produk-produk pertanian di Kalteng melalui Pelabuhan Kumai dan Bandara Tjilik Riwut. Nilai ekspor produk pertanian melalui pelabuhan di Kalteng pada Maret 2024 mencapai US$2,62 juta," jelasnya.

Produk pertanian tersebut katanya berasal dari kelompok bahan nabati untuk anyam-anyaman yakni hasil hutan bukan kayu lainnya, kelompok ikan dan udang yakni ikan hidup hasil budidaya, dan kelompok pohon hidup dan bunga potong yakni tanaman hortikultura lainnya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru