Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anak-Anak Dusun Terantang Butuh Sekolah

  • Oleh Norhasanah
  • 03 Juni 2016 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara Belum tersedianya failitas pendidikan di Dusun Terantang membuat anak-anak usia sekolah harus menempuh jarak cukup jauh untuk mencapai sekolah di desa tetangga, yakni SDN Natai Sedawak.

Mursid, warga Dusun Terantang menuturkan, untuk menempuh pendidikan ke sekolah dasar maka anak-anak di dusun itu harus mendaftar ke desa tetangga.. Mau tidak mau harus sekolah ke SDN Natai Sedawak karena sekolah tersebut yang paling dekat dengan dusun ini, kata Mursid.

Menurutnya, untuk menjangkau sekolah terdekat sebagian besar anak-anak harus menggunakan sepeda, meskipun sebagian anak ada yang harus diantar jemput oleh orang tuanya.

Kebanyakan anak-anak naik sepeda untuk berangkat dan pulang sekolah, tetapi dengan jarak cukup jauh ada perasaan khawatir juga terhadap anak-anak saat di jalan, ucap Mursid.

Pihaknya berharap rencana pemerintah daerah Kabupaten Sukamara membangun gedung SD di Dusun Terantang dapat segera direalisasikan, mengingat saat ini jumlah penduduk di dusun tersebut semakin bertambah dan anak-anak usia sekolah juga semakin banyak.

Selain anak-anak dari Dusun Terantang juga nantinya sekolah bisa dimanfaatkan oleh anak- anak penghuni perumahan di Bungalow, ujar Mursid.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Sukamara mengatakan, pihaknya memiliki beberapa program unggulan yang harus dilaksanakan melalui anggaran APBD 2016 seperti menyediakan sarana prasarana pendidikan dan membangun bebeapa sekolah baru. Namun sepertinya program itu akan terkendala.

Di tahun 2016 rencana kami akan membangun dua sekaloh seperti SMA 2 Sukamara dan SD 2 Sedawak,kini akan terkendala, yang semestinya bisa membangun enam kelas, kini kami hanya bisa membangun 3 kelas saja, terang Tris.

Meski begitu, pembangunan sekolah tersebut akan tetap dilaksanakan pada 2016. Namun akan dibangun sesuai jumlah dana yang tersedia. (NORHASANAH/m)

Berita Terbaru