Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kolaborasi dan Sinergitas dalam Penerapan Standar Instrumen LHK Penting Perhatikan Ini

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Mei 2024 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Guru Besar Universitas Sumatera Utara atau USU, Profesor Rahmawaty menuturkan bahwa kolaborasi dan sinergitas sangat diperlukan dalam penerapan standar instrumen lingkungan hidup dan kehutanan atau LHK.

"Kolaborasi dan sinergitas dalam penerapan standar instrumen LHK penting untuk memperhatikan beberapa hal," kata Prof Rahmawaty dalam rilisnya pada Rabu, 29 Mei 2024.

Hal ini disampaikan Profesor Rahmawaty saat menjadi salah satu narasumber dalam Focus Group Discussion atau FGD bertajuk Kolaborasi dan Sinergitas Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Tingkat Tapak yang digelar Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau BPSILHK Aek Nauli di Grand Kanaya.

"Kolaborasi dan sinergitas diperlukan untuk mewujudkan efektivitas pelaksanaan," katanya lagi.

Selain itu juga menurutnya perlu bersinergi dalam hal pengawasan dan penegakan hukum, lalu pemanfaatan sumber daya yang lebih baik.

"Kemudian peningkatan kapasitas dan pengetahuan juga harus dengan kolaborasi, termasuk juga partisipasi dan dukungan masyarakat," bebernya.

Selanjutnya ialah untuk membangun resolusi konflik, serta peningkatan transparansi dan akuntabilitas.

"Terakhir ialah untuk adaptasi dan mitigasi perubahan iklim," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru