Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadinkes Kapuas Harapkan Koordinasi Antar OPD Tingkatkan SPM

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 Mei 2024 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas, dr Tonun Irawaty Panjaitan mengharapkan adanya koordinasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam meningkatkan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Hal itu ia sampaikan menghadiri Rapat koordinasi (Rakor) dalam rangka pembinaan dan pengawasan terhadap capaian SPM berdasarkan Permendagri nomor 59 tahun 2021 tentang penerapan SPM, bertempat di ruang rapat Sekda Kapuas.

Tonun bilang untuk bidang kesehatan terdapat 12 indikator capaian SPM yaitu pelayanan kesehatan ibu dan anak, pelayanan kesehatan ibu hamil, pelayanan kesehatan bayi baru lahir, pelayanan kesehatan balita, pelayanan kesehatan pada anak usia pendidikan dasar, pelayanan kesehatan pada usia produktif dan pelayanan kesehatan pada usia lanjut.

Kemudian, pelayanan kesehatan penderita hipertensi, pelayanan kesehatan penderita diabetes melitus (DM), pelayanan kesehatan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berat, pelayanan kesehatan orang terduga tuberkulosis dan pelayanan kesehatan orang dengan risiko terinfeksi virus yang melemahkan daya tahan tubuh manusia (HIV).

"Yang mana untuk tahun 2023 capaian SPM Dinas Kesehatan Kapuas diangka 82,75 persen dengan predikat tuntas madya," katanya, Rabu, 29 Mei 2024.

Karenanya, dirinya berharap adanya kerjasama dan saling koordinasi antar OPD untuk terus meningkatkan capaian SPM Kabupaten Kapuas.

"Serta adanya monitoring evaluasi dan pemantauan dari Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas pada proses input capaian di E SPM Bina Pembangunan Daerah (Bangda)," ucapnya.

Sebelumnya, rapat dipimpin langsung oleh Asisten III Setda Kabupaten Kapuas dan dihadiri oleh OPD terkait yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas. (DODI/H)

Berita Terbaru