Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ananda Mikola: Pembalap Aquabike Indonesia Tidak Kalah Saing

  • Oleh ANTARA
  • 29 Mei 2024 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Wakil Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Ananda Mikola, mengatakan bahwa pembalap aquabike Indonesia tidak kalah saing dengan atlet dari luar negeri dalam kejuaraan internasional olahraga tersebut.

"Atlet Indonesia tidak kalah untuk kejuaraan-kejuaraan aquabike internasional," kata dia usai peluncuran Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Piala Menpora Aquabike Indonesian Championship (AIC) di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, para pembalap aquabike hanya perlu didukung dan dilatih secara intens melalui penyelenggaraan kompetisi nasional yang banyak, guna membantu proses pengembangan kemampuan.

Ditambah lagi, lanjut Ananda, potensi untuk mengembangkan olahraga itu menjadi lebih besar, karena produsen atau pabrikan untuk memproduksi mesin aquabike yang mumpuni sudah banyak di Indonesia, sehingga bisa mendongkrak prestasi Indonesia di kancah internasional seperti Aquabike World Championship.

Oleh sebab itu, IMI mengapresiasi dukungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang sudah membantu menyelenggarakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Piala Menpora Aquabike Indonesian Championship (AIC).

Dengan kompetisi nasional yang diselenggarakan lima seri di berbagai wilayah di Indonesia itu, diharapkan mampu menjaring bibit-bibit atlet aquabike ke depan.

"Jadi harapan kami dengan adanya event nasional di Makassar, Danau Toba (Sumatera Utara), bisa menarik minat putra-putra terbaik Indonesia," ujar mantan pembalap F3 andalan Indonesia itu.

Ia mengungkapkan, Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar untuk pengembangan olahraga air seperti aquabike, karena merupakan negara maritim terbesar di dunia.

Maka dari itu, sudah saatnya Indonesia harus tampil lebih sebagai aktor utama dan bukan hanya sebagai peserta kejuaraan semata.

Pembalap aquabike Indonesia Fikri Rajab mengatakan kualitas penyelenggaraan kejuaraan nasional sudah cukup baik, sehingga dirinya berharap bisa lebih banyak lagi ke depannya.

"Kejuaraan nasional sudah baik, diselenggarakan dengan baik juga," kata dia.

Aquabike Indonesian Championship seri pertama telah dilaksanakan pada 2-3 Maret lalu di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut).

Sementara untuk seri kedua akan dilaksanakan di Kabupaten Samosir (Sumut) pada Juni nanti, seri ketiga di Sulawesi Utara bulan Agustus, dan seri keempat berlangsung di Makassar, Sulawesi Selatan pada September, serta seri kelima di Jakarta.

Untuk ajang Aquabike World Championship, Indonesia mendapat jatah wildcard sebanyak 10 pembalap yang akan dipilih dari hasil mengikuti lima seri kejurnas Aquabike Indonesian Championship.

ANTARA

Berita Terbaru