Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menpora sebut Lima Seri Kejurnas Aquabike sebagai Persiapan Menuju AWC

  • Oleh ANTARA
  • 30 Mei 2024 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyebut bahwa lima seri kejuaraan nasional (kejurnas) Piala Menpora Aquabike Indonesian Championship sebagai persiapan menuju Aquabike World Championship (AWC) pada November 2024.

Ia membeberkan, lima seri kejurnas itu merupakan usaha dari Kemenpora dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk menjaring bibit-bibit atlet aquabike yang akan diikutsertakan dalam kejuaraan dunia nanti.

"Piala Menpora Aquabike Indonesian Championship ini untuk proses scouting atau persiapan mengirim riders terbaik Indonesia ke Aquabike World Championship," kata Dito usai peluncuran kejuaraan tersebut di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut dia menjelaskan, seri pertama telah dilaksanakan pada 2-3 Maret lalu di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut).

Sementara untuk seri kedua akan dilaksanakan di Kabupaten Samosir (Sumut) pada Juni nanti, seri ketiga di Sulawesi Utara bulan Agustus, dan seri keempat berlangsung di Makassar, Sulawesi Selatan pada September, serta seri kelima di Jakarta.

Dito menambahkan, pada ajang AWC Indonesia mendapat jatah wildcard sebanyak 10 pembalap oleh Union Internationale Motonautique (UIM), sehingga butuh mempersiapkan atlet terbaik untuk mewakili Indonesia.

Ditambah lagi, Indonesia telah ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan internasional tersebut sampai 2027.

"Indonesia sudah memiliki komitmen dimana penyelenggaraan aquabike maupun F1 Powerboat itu sampai 2027, jadi kejurnas ini awal mula untuk mempersiapkan riders terbaik dalam olahraga aquabike," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.

Menurut Dito, selain meningkatkan prestasi olahraga nasional, kegiatan kejurnas yang akan diikuti puluhan pembalap terbaik Indonesia itu juga bisa mendongkrak sport tourism.
 

Agenda itu diharapkan memberikan multiplier effect bagi perekonomian masyarakat di sekitar lokasi penyelenggaraan.

Piala Menpora Aquabike Indonesian Championship ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia, setelah Indonesia menjadi tuan rumah Aquabike World Championship 2023 yang sukses digelar di Danau Toba, provinsi Sumatera Utara pada 22-26 November 2023.

Saat kejuaraan internasional itu, sebanyak 118 pembalap dari 22 negara turut berpartisipasi mengikuti lomba di empat kabupaten berbeda yaitu Kabupaten Toba, Karo, Dairi, dan Samosir.

ANTARA

Berita Terbaru