Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Uji Kompetensi Wartawan PWI Kalteng Berakhir, Begini Hasilnya

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 Mei 2024 - 21:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah dan PT PLN (Persero) selama dua hari di Palangka Raya, berakhir pada pukul 15.30 WIB, Rabu, 29 Mei 2024.

UKW kali ini diikuti oleh 30 wartawan dari sejumlah kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Peserta UKW tersebut terbagi dalam Kelompok UKW Muda 18 orang dan Kelompok UKW Madya 12 orang.

Saat membacakan pengumuman pada akhir kegiatan, Penguji UKW Muda Pahit Narotama menyampaikan bahwa dari 30 peserta UKW, 25 orang di antaranya dinyatakan kompeten dan 5 peserta lainnya belum kompeten.

"Kepada kawan-kawan yang dinyatakan belum kompeten, ini bukan akhir dari segalanya tapi bagian dari pembelajaran. Dan bagi kawan-kawan yang dinyatakan kompeten kami berpesan agar tidak jumawa, karena status kompeten merupakan tanggung jawab yang harus dijaga, apabila nanti melanggar undang-undang pers atau kode etik status kompetennya bisa dicabut," pesan Pahit.

Sementara itu Plt Ketua PWI Kalteng M Zainal dalam sambutannya saat menutup kegiatan itu mengatakan, UKW bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan. Karena selain menguji, para penguji juga berbagi pengetahuan atau ilmu terkait dunia jurnalistik kepada peserta UKW.

"Jadi penguji juga bisa membagikan apa yang menjadi rambu-rambu dalam kita menggali informasi, kemudian membuat perencanaan hingga menyampaikan hasil yang kita dapat," ujarnya.

Senada dengan Pahit Narotama, Zainal juga menegaskan status kompeten dari wartawan yang telah mengikuti UKW ke-XXI PWI Kalteng itu sewaktu-waktu dapat dicabut.

"Ini tidak menutup kemungkinan yang sudah kompeten, kartunya kompetennya bisa dicabut apabila melanggar peraturan yang ditetapkan pemerintah maupun ketentuan dewan pers," jelasnya.

Karena itu, agar wartawan wartawan di daerah mengetahui aturan-aturan jurnalistik yang berlaku, ke depan PWI Kalteng berencana untuk mengadakan pelatihan penulisan berita dengan mengadaptasi perkembangan dunia jurnalistik saat ini.

"Nanti kita akan bekerja sama dengan media-media besar untuk bisa memberikan pelatihan penulisan berita di daerah, juga bagaimana memanfaatkan teknologi mencari dan membuat berita," 

Pada kesempatan tersebut Zainal juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat langsung sehingga UKW tersebut dapat terlaksana dengan baik.

"Kepada PT PLN, para penguji, perwakilan PWI Pusat dan Ketua PWI Kalsel, sekali lagi kami secara kelembagaan PWI Kalteng mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi karena telah mendukung pelaksanaan UKW ini. Kami juga mohon support teman-teman ketua PWI di kabupaten supaya ke depan PWI di daerah kita masing-masing bisa berjalan sebagaimana alurnya yang dipersyaratkan oleh Dewan Pers, PWI Pusat dan pemerintah," tandasnya. (BOLE MALO/Y)

Berita Terbaru