Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekolah di Kotawaringin Timur Tidak Libur Selama Ramadan

  • Oleh Rafiuddin
  • 07 Juni 2016 - 05:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur mengeluarkan rilis resmi, perihal kalender akademik untuk lembaga pendidikan formal dan non formal, selama Ramadan 1437 Hijriyah, 2016 Masehi tetap bersekolah.

Sesuai kalender akademik tersebut, diumumkan bahwa kegiatan belajar dan mengajar di Kotim tetap mengikuti kalender pendidikan seperti biasa, alias tidak diliburkan. Keputusan ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP dan SMA sederajat.

'Libur Ramadan tiga hari pertama yaitu mulai 5-7 Juni. Habis itu masuk lagi sambil menunggu bagi raport,' kata Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Suparmadi, Senin (6/6/2016).

Meski masuk sekolah, siswa dan guru tidak akan melakukan proses belajar-mengajar seperti biasa. Tetapi diisi kegiatan keagaamaan seperti pesantren Ramadan, Safari Ramadan, dan lainnya yang sifatnya kegiataan keagamaan.

Para siswa dapat pembekalan kerohanian. Detail kegiatan diserahkan kepada pihak sekolah yang bersangkutan.

'Yang pasti kegiatan tersebut terserah sekolah masing-masing mau mengisinya, selama itu kegiatan postif mengenai keagamaan. Kegiatan ini akan dilaksanakan hingga hari pembagian rapor yaitu pada 18 Juni,' imbuhnya.

Terkait dengan bulan suci Ramadan ini, para orangtua siswa mempertanyakan keputusan libur dan tidak selama bulan Ramadan. Mereka hawatir jika libur, anak mereka meminta izin ke sekolah padahal sekolah libur sehingga mereka butuh penjelasan resmi dari pemerintah terkait libur sekolah ini.

'Kami dengar ada libur Cuma diawal puasa saja. Tapi ada juga yang bilang tetap sekolah selama bulan puasa,' kata Robin, salah seorang wali murid yang tinggal di Kecamatan Baamang Sampit.

Mengenai hal itu, Suparmadi menjelaskan bahwa kegiatan sekolahj tetap ada mulai pada 7 Juni besok (hari ini). Selanjutnya, setelah pembagian rapor dan kenaikan kelas pada 18 Juni, sekolah akan diliburkan hingga 17 Juli. Setelahnya proses belajar mengajar tahun ajaran baru akan kembali dimulai pada 18 Juli. (RAFIUDIN/m)

Berita Terbaru