Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pandeglang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tambak Ikan di Sungai Diminati Warga Kotawaringin Barat

  • 09 Juni 2016 - 02:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Usaha perikanan memang sangat menjanjikan saat ini. Kebutuhan masyarakat terhadap daging ikan yang meningkat menjadi penyebabnya. Dengan alasan biaya tergolong murah, banyak warga melirik dan memulai usaha tambak ikan.

Tambak ikan tak mesti harus dengan menyediakan kolam, di Kalimantan Tengah (Kalteng), khususnya di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), sudah menjadi ciri khas warga lokal tinggal di pinggiran sungai. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan banyak warga yang melirik usaha tambak di sungai.

Hanya bermodalkan sebuah keramba berbentuk kotak dan berbahan dari kayu dan jaring terbuat dari tali. Dan untuk ikan kebanyakan warga menambak ikan yang sudah berukuran lumayan besar dan tinggal menunggu panen saja.

Hal itu dilakukan karena memelihara bibit ikan cukup menyita waktu dan tenaga, ditambah pengetahuan yang kurang, sehingga tambak ikan sudah berisi ikan yang hanya tinggal memelihara sampai siap panen saja.

Sebagian warga tepian Sungai Arut juga dalam menggeluti usaha tambak ikan ini belum sepenuhnya untuk menghasilkan uang, dalam artian masih dalam koridor hobi. Namun, banyak juga warga yang memang serius menggeluti usaha tambak ikan dan memang untuk dipasarkan.

Seperti yang dilakukan seorang warga Gang Flamboyan Bawah, Leo. Ia baru saja menggeluti usaha tambak ikan patin yang diletakkan di sungai tak jauh dari rumahnya. Ia hanya bermodalkan Rp4 juta, sudah bisa mendapatkan dua keramba ditambah pakannya yang dihitung-hitung cukup sampai panen. 

"Saat ini hasilnya lumayan untuk menutupi modal yang telah dikeluarkan, dari pakan ikannya sampai membayar upah orang untuk membuat keramba ikan itu Rp500 ribu per satu keramba," kata Leo, Rabu (8/6/2016).

Ia mengaku, jika ke depan usaha ini ternyata dapat memberikan keuntungan lebih, maka akan menambah jumlah kerambanya yang saat ini berjumlah dua dengan daya tampung 100 ekor ikan.

"Tampaknya usaha ini cukup menjanjikan dan kalau ada tambahan modal lagi saya berniat menambah dua keramba lagi," tandasnya. (CR-1/m)

Berita Terbaru