Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Sembako di Sampit Terus Meroket

  • Oleh Rafiuddin
  • 09 Juni 2016 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Kotim - Harga kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) di pasar-pasar tradisional di wilayah Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur terus meroket. Padahal, Bupati Kotim Supian Hadi, menyatakan sebagian harga sembako akan turun. Namun, harga sembako terus merangkak naik hingga 90%.

Uni, seorang pedagang sembako di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit mengatakan, harga gula pasir yang sebelumnya dijual Rp11 ribu per kilogram, kini Rp17 ribu. Minyak goreng dari Rp15 ribu per liter menjadi Rp17 ribu.

Sedangkan harga bawang merah naik dratis menjadi Rp46 ribu per kilogram, dari harga normal Rp26 ribu per kilogram. 'Harga bawang ini luar biasa, langsung naik drastis. Harga cabe merah kering juga naik menjadi Rp85 ribu per kilogram dari harga normal Rp55 ribu,' ungkap Uni kepada Borneonews, Kamis (9/6/2016).

Harga sayuran, seperti kentang dan wortel sama-sama mengalami kenaikan mencapai Rp6 ribu per kilogram, dari harga normal Rp12 ribu. Telur ayam naik Rp200 per biji atau menjadi Rp2.200 per biji.

Harga daging pun demikian, dua minggu terakhir terus mengalami kenaikan. Daging sapi rata-rata Rp130 ribu per kilogram. Begitu pula harga ayam potong mencapai Rp36.500 per kilogram. Harga itu naik dari kondisi normal Rp24 ribu per kg. 'Naiknya harga ayam ini karena pasokan kita habis.  Jadi harus didatangkan dari luar daerah, khususnya dari Palangka Raya dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan,' ujar Lily pedagang ayam potong di Pasar Ikan Mentaya.

Selama bulan Ramadan 2016, harga beberapa kebutuhan rumah tangga di pasar-pasar tradisional di Sampit terus mengalami kenaikan. Kondisi ini sangat menyulitkan masyarakat, apalagi kebutuhan di bulan puasa sangat tinggi. Untuk itu masyarakat berharap peran pemerintah untuk menekan kenaikan harga kebutuhan pokok di pasar saat bulan Ramadan dan pada lebaran nanti. (RAFIUDIN/N).

Berita Terbaru