Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ribuan Personil Disiapkan Hadapi Musim Kemarau

  • Oleh Testi Priscilla
  • 10 Juni 2016 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebanyak 1.275 personil disiapkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk menghadapi musim kemarau tahun 2016. Ribuan orang ini disiagakan untuk pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang bisa saja terjadi saat memasuki musim kemarau.

"Personil ini dari berbagai kesatuan dan instansi. Jadi, bukan semuanya dari BPBD. Kita berkoordinasi karena ini kan kerja sama, tanggung jawab bersama," tutur Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalimantan Tengah (BPBD Kalteng), Brigong Tom Moenandaz kepada Borneonews, Jumat (10/6/2016).

Menurut Brigong, jumlah personil Manggala Agni di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) pada 4 Daerah Operasi (Daops) sejumlah 210 personil. Tim Pengendali Api binaan Dinas Kehutanan Kalteng sejak 2004 sebanyak 600 orang. Selain itu ada pula Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) binaan dinas Perkebunan sejumlah 19 KTPA di Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau, Gunung Mas, Katingan, Kotawaringin Timur dan Seruyan sebanyak 285 orang.

Ada pula Tim Pengendali Api binaan BKSDA, Masyarakat Peduli Api (MPA) Tagana dan Regu Pemadam Kebakaran sebanyak 180 orang.

"Sarana Prasarana yang tersedia mulai dari bangunan, alat transportasi, alat komunikasi, alat pemadaman, peralatan multimedia dan peralatan survei juga sudah disiapkan. Pokoknya kita siap menghadapi kemarau dan mengendalikan kebakaran," tutup Brigong. (TESTI PRISCILLA/N).

Berita Terbaru