Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadisdik Kapuas: Perlu Keterlibatan Semua Pihak agar Anak Peroleh Kemudahan Bertransisi dari PAUD ke SD

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Juli 2024 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Kapuas, Aswan mengatakan perlunya keterlibatan semua pihak agar setiap anak peroleh kemudahan bertransisi dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD)/sederajat.

Terutama, lanjut dia peran dari orangtua murid dan tenaga pendidik atau guru, baik itu saat di PAUD maupun SD.

"Dengan keterlibatan semua pihak setiap anak dapat memperoleh kemudahan dalam bertransisi dari PAUD ke SD, sehingga peserta didik PAUD dapat terus melanjutkan prosesnya mendapatkan kemampuan pondasi disaat SD," kata Aswan, Kamis, 11 Juli 2024.

Dia menuturkan peserta didik SD yang tidak pernah mengikuti PAUD tetap mendapatkan haknya untuk mendapatkan pembinaan kemampuan pondasi.

"Sehingga memiliki pijakan lebih kuat untuk memperoleh pembelajaran selanjutnya," ujarnya. Sebelumnya, ia juga telah menyampaikan kemampuan pondasi anak di PAUD dan SD yang perlu diperkuat, yaitu mengenal nilai agama dan budi pekerti.

Keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi, kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar, kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan pelajar.

"Pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri, serta pemaknaan belajar adalah suatu hal yang menyenangkan dan positif," pungkasnya. (DODI/R)


TAGS:

Berita Terbaru