Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lima Puluh Kota Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Balai POM: Makanan dan Minuman di Pasar Wadai Kasongan Aman Dikonsumsi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 Juni 2016 - 15:26 WIB

KASONGAN (Borneo): Makanan dan minuman yang banyak dijajakan pedagang pasar wadai di Kompek Pasar Kasongan aman untuk dikonsumsi.

Pasalnya dari hasil uji sample terhadap 26 jenis makanan dan minuman yang dijual pedagang pasar wadai Jalan Revolusi Kasongan, semuanya memenuhi syarat.

"Dari 26 uji sample yang kita lakukan tadi semuanya memenuhi syarat, artinya aman tidak ada bahan yang dilarang yang ditambahkan baik untuk jenis minuman maupun makanan," kata  Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palangkaraya, Trikoranti saat pihaknya bersama Dinas Kesehatan Katingan menggelar sidak di pasar wadai, Jumat (10/6) sore.

Kegiatan pemeriksaan terhadap berbagai produk olahan pangan baik makanan dan minuman ini, sebutnya untuk membantu masyarakat agar aman mengkonsumsi makanan dan minuman terutama yang dijual di pasar wadai, yang selalu ramai dikunjungi setiap bulan Ramadan ini. 

Dengan adanya pemeriksaan ini, katanya para pedagang juga merasa aman bahwa produknya tidak mengandung zat berbahaya. 

"Sehingga pedagang bisa membuka usahanya namun dengan menyajikan produk pangan aman, sehingga masyarakat juga bisa aman untuk mengonsumsinya," jelasnya.

Selain di pasar wadai Komplek Pasar Kasongan Jalan Revolusi, tim dari BPOM Palangkaraya bersama Dinas Kesehatan Katingan juga melakukan uji makanan dan minuman pada puluhan pedagang wadai Ramadan di sekitar Jembatan Kasongan Jalan Trans Kalimantan.

Dengan adanya pemeriksaan oleh BPOM ini, Sekda Katingan Nikodemus yang juga menyaksikan pemeriksaan itu menyambut baik kegiatan yang digagas oleh Dinas Kesehatan setempat ini.

"Saya menyambut baik kegiatan ini. Sebab dengan adanya pemeriksaan nantinya warga akan tahu bahwa makanan maupun minuman yang dijual di pasar wadai wilayah kita ini aman tidak mengandung zat berbahaya lainnya," kata Sekda Nikodemus.

Kepala Dinas Kesehatan Katingan Robertus Pamuriyanto mengaku kegiatan pemeriksaan berupa uji lab terhadap berbagai jenis makanan dan minuman di pasar Ramadan ini dilakukan setiap tahun.  (GP*)

Berita Terbaru