Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awasi, Stok Aman Kok Harga Tak Stabil

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 15 Juni 2016 - 20:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya -- Pemerintah kota (Pemkot) diminta mengawasi secara kontinu pergerakan harga barang di pasaran. Pengawasan yang temporer, atau sidak pasar, tidak mampu menekan kestabilan harga dengan baik karena hanya beri efek kejut saja.

"Pemkot jangan lengah kontrol tapi wajib lakukan pengawasan harga barang di pasar agar stabil," ungkap Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Jumatni di kantornya, Rabu (15/6/2016).

Ia meminta Pemkot melalui dinas terkaitnya untuk segera mengawasi pasalnya diduga kuat banyak oknum pedagang nakal atau agen yang bermain dengan memanfaatkan momen Ramadan 1437 H hingga hari raya Idul Fithri.

"Saya minta pihak SKPD terkait wajib melakukan pengawasan agar mereka yang memainkan harga jual bahan kebutuhan pokok jadi berkurang atau berhenti, karena selama ini pedagang dengan seenaknya menaikkan harga barang  jelang hari besar," sebutnya.

Anggota Komisi B itu menegaskan, sebenarnya barang-barang kebutuhan pokok itu stok di pasaran sudah aman sampai lebaran.  Anehnya, jelang lebaran seminggu harga barang melambung tinggi. 

Kondisi ini berpotensi mencekik masyarakat yang selama ini membutuhkan barang dengan kondisi terjangkau. 

"Bila perlu pihak Pemkot membuat pos pengawasan di tiap pasar. Agar harga barang bisa dimonitor oleh pihak pengawas dan dilaporkan apa penyebab naiknya harga barang itu. Ini tantangan dinas terkait dalam hal teknis pengawasan," (ROZIKIN/m)

Berita Terbaru