Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Wondama Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelayakan Bus Antarprovinsi Diperiksa Jelang Lebaran

  • Oleh Budi Yulianto
  • 16 Juni 2016 - 07:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Satuan Lalu Lintas Polres Palangka Raya bersama Dinas Perhubungan mulai melakukan pengecekan bus antarprovinsi, Rabu (15/6/2016). Ini untuk memastikan sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga yang hendak mudik lebaran.

Pengecekan diawali dari Bus Damri yang beralamatkan di Jalan Tjilik Riwut Km 7 Palangka Raya. Tim gabungan melakukan pengecekan mulai dari sisi kelayakan bus, pengecekan mesin hingga surat kendaraan.

Usai pengecekan di Bus Damri, tim melanjutkan pengecekan pada armada yang ada di Terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Jalan Mahir Mahar lingkar luar. Petugas kembali melakukan pengecekan serupa. Hasilnya belum ditemukan adanya gangguan yang dapat menghambat perjalanan kala mudik nanti.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Palangka Raya Aiptu Ali Machfud mengatakan, pengecekan tersebut sangat baik dilakukan mengingat demi keselamatan bagi para pemudik.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan giat rutin setahun sekali untuk memberikan rasa aman. Oleh sebab itu, Ali berharap rutinitas ini bisa diperkecil menjadi per tiga bulan sekali, sehingga bus yang beroperasi benar-benar layak digunakan.

Sementara itu General Manajer Damri Palangka Raya Daryono mengatakan, terdapat 36 armada Damri yang telah disiapkan. Namun ketiganya menjadi bus cadangan.

Sebenarnya, kata dia, jumlah bus yang dipersiapkan itu juga sama halnya dengan bus yang beroperasi sehari-hari. Namun demi keamanan yang lebih, pelayanan jelang lebaran ini ditingkatkan. Seperti service jok serta penempatan alat pemadaman dalam bus itu.

'Tujuannya dari Palangka Raya ' Sampit ' Pangkalan Bun ' Seruyan. Kemudian Palangka ' Buntok dan Palangka - Pujon. Kita juga melayani angkutan menuju ke kabupaten. Seperti dari Palangka Raya ke Pangkoh (kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau) dan ke Tumbang Talaken,' tutur Daryono. (BUDI YULIANTO/m)

Berita Terbaru