Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pedagang di Pasar Baru Gunung Mas Perlu Ditata Kembali

  • 16 Juni 2016 - 16:45 WIB

BORNEONEWS, Gunung Mas - Saat ini para pedagang yang berjualan sayur, ikan dan ayam di Pasar Baru di Jalan Sangkurun, Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas (Gumas), tidak tertata baik. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gumas, Gumer, meminta supaya para pedagang di pasar itu ditata kembali.

'Dari pantauan yang kita lakukan, penataan pedagang sayur di pasar baru memang perlu,' ujar Gumer keika mendampingi bupati Gunung Mas meninjau pasar, kamis (16/6/2016) pagi.

Menurut Gumer, penataan dimaksudkan supaya lapak-lapak pedagang dijadikan masing-masing satu tempat. Misalnya, untuk berjualan ikan dijadikan satu tempat, begitu juga tempat berjualan ayam dan sayur ada tempat masing-masing. Sehingga para pedagang terlihat rapi dan tidak terlibah kumuh, seperti saat ini.

'Kalau lapak dagangan rapi, kan penjualan mau pun pembeli pun merasa nyaman saat berbelanja di pasar baru,' ucap politisi PDIP itu.

Pada kesempatan tersebut, ketua DPRD Gumas dua periode itu meminta. agar Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Gumas, yang bertanggungjawab terhadap pasar baru selalu memperhatikan kebersihan di lingkungan bangunan pasar terbesar di Gumas tersebut. 

'Kebersihan di kawasan pasar baru juga perlu di perhatikan olah pengelola pasar dan instansi terkait,' ingat Gumer.

Disamping itu, yang juga menjadi perhatian serius Ketua DPRD Gumas adalah tempat parkir dan beberapa ruas jalan di sekitar Pasar Baru. Pasalnya di samping pasar baru jalan sangat sempit, sehingga masyarakat yang berbelanja kesulitan. Akibatnya, pasar tersebut kerap sepi pembeli dan berdampak kurang baik bagi para pedagang.

'Taman dan tempat bunga di samping Pasar Baru, lebih baik dibongkar untuk tempat parkir dan pelebaran jalan. Sehingga masyarakat yang ingin berbelanja mudah mencari tempat parkir yang lebih dekat,' tukasnya.

Gumer mengharapkan Pasar Baru bisa lebih baik dan menjadi pusat perbelanjaan di Kabupaten Gumas. Untuk itu Pemkab Gumas harus memperhatikan berbagai fasilitas yang masi kurang di pasar tersebut. (EPRA SENTOSA/m)


TAGS:

Berita Terbaru