Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kakanwil Kemenkum HAM Kalimantan Tengah Tantang Polisi Geledah Lapas

  • Oleh Budi Yulianto
  • 16 Juni 2016 - 20:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Pondang Tambunan menantang polisi melakukan penggeledahan apabila ada seorang pengedar yang ditangkap lalu menyebut barang berasal dari dalam penjara.

'Kalau memang ada tangkapan dan mengaku dari Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) ayo kita lakukan (geledah),' kata Pondang kepada wartawan, Kamis (16/6/2016).

Dia mengaku telah menemui Kapolda Kalteng Brigadir Jenderal Fakhrizal untuk membicarakan bagaimana cara mengatasi peredaran narkoba. Dia juga berulang kali mengingatkan jika Kemenkum HAM Kalteng selalu terbuka jika sewaktu-waktu diajak untuk menggeledah Lapas.

Bahkan ia juga telah menginstruksikan ke bawahan supaya jangan mempersulit aparat yang hendak melakukan penggeledahan. 'Kalau ada yang mempersulit, silakan lapor ke saya. Akan saya proses. Tapi semua (penggeledahan) tentu ada mekanismenya,' bebernya.

Untuk rencana penggeledahan,  kata dia, sebenarnya juga tidak perlu persetujuan dari Kanwil. 'Jadi saya kaget kalau ada pemberitaan, Kanwil atau Lapas susah diajak koordinasi. Nah sekarang apa susahnya. Kita welcome. Karena kita juga sama-sama penegak hukum,' tegasnya.

Bahkan Pondang akan terang-terangan untuk mengajak wartawan guna melihat kondisi penjara dalam Lapas. Namun ketentuan kapan waktunya belum dipastikan sebab masih sebatas wacana. (BUDI YULIANTO/m)

Berita Terbaru