Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Bintuni Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas Kebersihan di Katingan Bakal Ditambah

  • Oleh Abdul Gofur
  • 20 Juni 2016 - 18:04 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Katingan, Alyono menuturkan jika pada 2017 pihaknya bakal mengusulkan untuk penambahan petugas kebersihan dan armadanya kepada pemerintah daerah setempat.

Menurut Alyono setiap hari sampah terutama dari rumah tangga selalu volumenya terus bertambah, seiring penambahan jumlah penduduk.

"Memang untuk saat ini kami masih kekurangan tenaga kebersihan maupun armadanya ini," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Katingan, Alyono, Senin (20/6/2016).

Sejauh ini, kata dia, petugas kebersihan yang penggajiannya oleh Pemerintah Katingan melalui Dinas PU ini baru ada di tiga lokasi. Selain di Kasongan, juga berada di Kereng Pangi yang masuk wilayah Kecamatan Katingan Hilir. Sedangkan satu lainnya di Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah.

Berdasarkan data 2015,  jumlah petugas kebersihan atau pasukan kuning di wilayahnya sebanyak 196 orang petugas.

Saat dikonfirmasi masalah honor tenaga kebersihan di daerah yang informasinya menunggak hingga tiga bulan, Alyono membantahnya.

"Yang benar menunggak sebulan saja, dan uang untuk pembayaran honor itu sudah siap, hanya proses administrasinya misalnya absensi dan lainnya masih belum lengkap, sehingga bendahara belum bisa mencairkan," sebut Alyono.

Namun jika proses administrasinya sudah beres, maka honor petugas kebersihan untuk satu bulan ini akan dicairkan.

"Memang kita sebelumnya mewanti-wanti kepada bendahara agar jangan mencairkan dulu kalau administrasinya belum lengkap," tegasnya. (ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru