Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdikbud Buka Tiga Pintu Masuk Siswa di PPDB 2016

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 21 Juni 2016 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palangka Raya membuka tiga jalur sebagai pintu masuk dalam penerimaan siswa baru. Ketentuan itu diatur dalam SK Disdikbud tentang petunjuk teknis (Juknis) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Ketentuan itu berlaku baik tingkat SMA/SMK maupun tingkat SMP, yang kini sistem pendaftaran PPDB nya tidak lagi menggunakan sistem online melainkan harus mendatangi ke sekolah masing-masing yang dikehendaki.

Alokasi yang disediakan adalah jalur seleksi umum (tes) dengan kuota 65% dari daya tampung sekolah. Kemudian jalur kedua adalah jalur siswa tidak mampu dengan kuota sebanyak 20%, dan ketiga adalah jalur seleksi siswa berprestasi (akademis dan non akademis) dengan kuota 15%.

'Ada tiga jalur itu untuk pintu masuk siswa. Namun untuk jalur prestasi dan siswa miskin, itu tidak untuk calon siswa dari luar Palangka Raya tetapi khusus yang murid sini,' terang kepala Disdikbud Kota Palangka Raya Norma Hikmah kepada Borneonews, Senin (20/6/2016).

'Calon peserta didik mendaftar langsung pada sekolah yang menjadi pilihannya dengan mengisi formulir yang disediakan sekolahsecara gratis. Jadi proses penerimaan ini memang benar-benar tidak boleh dipungut biaya sepeserpun,' tandasnya. (ROZIKIN/m)

Berita Terbaru