Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malaka Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Kalimantan Tengah Perlu Solusi Bukan Regulasi Belaka

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Juni 2016 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengharapkan kunjungan kerja Baleg DPR RI ke Kalimantan Tengah, Selasa (21/6/2016) mampu memberikan solusi, bukan hanya regulasi belaka. Hal ini disampaikan Gubernur lantaran kunjungan kerja ini beragendakan pemantauan dan peninjauan terhadap pelaksanaan beberapa Undang-Undang terkait kebakaran hutan dan lahan.

"Harus ada solusi bagi masyarakat, bagaimana agar masyarakat masih dimungkinkan memiliki mata pencaharian di antara larangan membakar ini," ungkap Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, di Aula Eka Hapakat, kantar Gubernur, di Palangka Raya, Selasa (21/6/2016).

Menurutnya sistem pertanian secara luas seperti di Pulau Jawa dan Sumatera belum bisa dilaksanakan di Kalteng karena memang belum memadai dari segi infrastruktur maupun teknologi.

"Kemarin saya ditanya Distamben apakah dalam waktu dekat akan lakukan operasi PETI. Saya katakan yang dioperasi itu jangan masyarakat, justru perusahaan yang dioperasi. Kekayaan alam ini memang milik negara tapi harus digunakan untuk kemaslahatan rakyat," tandasnya.

UU memang harus dilaksanakan namun Sugianto menyebut ada UU yg lebih tinggi yaitu hati nurani. "Kalaupun mau menertibkan harus ada jalan keluarnya, karena UU ini kalau dilaksanaan tidak ada ampun. Bagaimana kita harus memikirkan bagaimana solusinya."

Jika masyarakat tidak mampu bercocok tanam karena adanya regulasi tanpa ada solusi, dikhawatirkan akan ada pencurian, perampokan, teroris, kurir narkoba. "Karenanya saya berharap regulasi mampu mengakomodir kebutuhan masyaralat," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/N).

Berita Terbaru