Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nunukan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Didesak Tempatkan Tenaga Kesehatan di Desa Batu Badak

  • Oleh Hairul Saleh
  • 21 Juni 2016 - 19:53 WIB

BORNEONEWS, Kasongan- Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) setempat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), agar segera menempatkan tenaga kesehatan atau tenaga medis di Desa Batu Badak, Kecamatan Petak Malai.

Pasalnya, menurut Muhammad Effendi salah seorang wakil rakyat setempat, sudah tiga tahun lamanya masyarakat Desa Batu Badak tidak ada tenaga kesehatan yang bertugas maupun ditempatkan di sana. 

"Berdasarkan informasi yang kita dapat dari masyarakat dan kepala Desa Batu Badak saat mengikuti safari ramadan bersama Wakil Bupati Katingan Sakariyas beberapa waktu lalu, sudah tiga tahun lamanya tidak ada tenaga kesehatan di desa tersebut," 'ujar Fendi kepada wartawan, di Kasongan, Selasa (21/6/2016).

'Legislator Partai Demokrat itu sangat menyayangkan atas kekosongan tenaga kesehatan di desa tersebut. Pasalnya, rumah dinas perawat dan bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) sudah ada di sana. "Memang sebelumnya ada perawat, namun ditarik dan ditempatkan di Desa Tumbang Baraoi," bebernya.

Karena tidak adanya perawat ataupun bidan di Batu Badak, cetusnya, masyarakat setempat terpaksa pergi ke Desa Nusa Kutau untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Meskipun, jarak antara dua desa tersebut terlalu jauh.

'"Idealnya untuk satu desa harus ada satu perawat atau satu bidan. Kami minta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) karena kemarin ada mengangakt tenaga harian lepas, agar hendaknya menempatkan satu orang perawat di Desa Batu Badak," katanya.  (HAIRUL SALEH/*)

Berita Terbaru