Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Ingatkan Solusi Regulasi Ladang Berpindah

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 21 Juni 2016 - 19:21 WIB

BORNEONEWS-Palangka Raya - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran meminta perhatian Pemerintah Pusat dalam hal pecegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Ini disampaikan saat Badan Legislasi (Baleg) DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kalteng di Aula Eka Hapakat kantor gubernur, Selasa (21/6/2016).

Sugianto juga menitipkan pesan Kalteng merupakan daerah yang rawan bencana Karlahut. Tahun lalu luas kebakaran mencapai 122. 776  hektare. Kerawanan bertambah terutama pada musim kemarau. Di sisi lain Kalteng memiliki Pergub15 tahun 2010 Tentang pengaturan pembukaan lahan namun masih dihadapkan masalah ladang berpindah masyarakat dengan bakar lahan. 

"Kami sampaikan terimakasih kepada Baleg yang memilih Kalteng sebagai tujuan kunker peninjauan ini. Tetapi penting adalah bagaimana solusi kepada masyarakat agar bisa hidup, juga bantuan penanganan Karhutla baik penganggaran dan regulasi," ungkap gubernur. 

Kepala rombongan yang juga Wakil Ketua Baleg, Arif Wibowo menyebut tujuan kunjungan dalam rangka pemantauan dan peninjauan terhadap UU terkait kebakaran hutan. Kunker juga untuk mengetahui apakah Undang Undang yang terkait dengan kehutanan terutama larangan membakar hutan dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan dibentuknya UU tersebut.

"Hasil pemantauan dan peninjauan ini akan jadi masukan Baleg dalam melakukan evaluasi terhadap Prolegnas jangka menengah 2015-2019 dan menentukan politik perundangan terkait dengan pencegahan kebakaran," ujarnya.

Disebutkan dia, Kalteng menjadi satu dari tiga daerah yang dikunjungi tim Baleg tersebut selama tiga hari. Sebab sasaran kunjungan itu berlangsung tiga hari mulai 21 sampai 23 Juni 2016 menyasar Kalteng, Riau, dan Sumatera Selatan.  (RZ/*)

Berita Terbaru