Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KSOP Himbau Kapal dan Nelayan Bantu Pencarian Korban Kapal Tenggelam

  • Oleh Cecep Herdi
  • 21 Juni 2016 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Kumai - Awak kapal dan Nelayan dihimbau membantu mencari bangkai Kapal Motor (KM) Nusantara Dolphin 1 yang tenggelam di perairan Senggoran di selat Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat. Kapal dan dua kru kapal yang hilang ditelan gelombang bersama KM ND 1 belum berhasil ditemukan.

Pihak KSOP Kumai meminta seluruh pihak baik kapal angkut, kargo, tanker, hingga nelayan berhati-hati saat menyeberangi lokasi perairan karamnya KM ND1. Sebab, menurut penuturan Kepala KSOP Kumai, Junaidi, KM ND 1 karamnya kapal di perairan dangkal sedalam 11 meter.

"Kami mengeluarkan surat edaran kepada seluruh pihak, jika melihat korban harap lapor ke pihak terdekat melalui sambungan radio," kata Kepala KSOP Kumai, Junaidi, Selasa (21/6/2016).

Selain meminta laporan jika ada penemuan korban di tengah laut, KAOP Kumai juga meminta seluruh masyarakat dan nelayan untuk mengawasi wilayah pesisir pantai hingga nelayan yang melaut.

"Selain itu, kami juga meminta kepada nelayan dan kapal lainnya yang melintas di titik koordinat yang berada di posisi 03 16 512 S dan 111 49 705 E berhati-hati. Karena KM MD1 yang karam belum diketahui posisinya. sehingga ada kapal melintas diatasnya bisa membahayahkan lambung kapal," ujarnya.

Sementara itu, Danlanal Kumai, Letda Johan Arifin mengatakan hingga hari kedua pencarian korban hilang belum ditemukan tanda-tanda. Karena keterbatasan kapal dan kondisi cuaca yang buruk, pihaknya yang tergabung dalam tim SAR belum mampu sampai di titik kapal tenggelam.

"Ada keterbatasan alat untuk menjangkau lokasi, ditambah kondisi cuaca buruk," katanya. (CECEP HERDI/N).

Berita Terbaru