Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Medan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Astra Agro Lestari Datangkan Dua Ribu Sapi Australia

  • Oleh Cecep Herdi
  • 26 Juni 2016 - 22:39 WIB

BORNEONEWS Pangkalan Bun -  Area Borneo 1 PT Astra Agro Lestari mendatangkan dua ribuan sapi Brahman dari Australia, Sabtu (25/6/2016). Ribuan sapi tersebut diangkut dengan kapal motor Sahiwal Express dari Pelabuhan Darwin Northern Territory Queensland Australia tujuan Pelabuhan Tanjung Kalaf Panglima Utar Kumai Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).  Kapal tyersebut menempuh perjalanan selama  sekitar 10 hari  di laut. 

Ribuan sapi yang diserahkan langsung oleh Owner Halleen (Sebagai Penyedia Sapi Australia), Ian Halleen kepada Direktur PT Astra Agro Lestari, Jamal Abdul Nasir itu. Sapi tersebut  sengaja didatangkan untuk program integrasi Sawit-Sapi PT Astra Agro Lestari. 

Direktur Area B1 PT Astra Agro Lestari, Syafnedi Imersyah mengatakan, tak kurang dari 2 ribu sapi indukan itu siap dikembangbiakan di Area PT Agro Menara Rachmat anak perusahaan PT Astra Agro Lestari. Dia merinci, untuk sapi berjenis kelamin betina berjumlah 1988 ekor, sedangkan sapi jantan sebanyak 48 ekor. Rencananya, ribuan sapi tersebut bakal ditempatkan di lahan seluas 40 ribu hektare. "Namun sekarang 20 hektare dulu. Nanti juga berencana mendatangkan lagi sapi indukan sekitar 2 ribu ekor lagi." kata dia di pelabuhan Tanjung Kalaf saat proses pemindahan ribuan sapi dari kapal ke truk.

Dia melanjutkan, program sawit-sapi PT Astra Agro Lestari ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi atas kekurangan pasokan daging sapi dalam negeri. "Memang tahap pertama kami hanya mengembangbiakan. Jadi sapi indukan yang didatangkan ini, untuk dikembangbiakan dalam mendapatkan indukan baru. Tapi ke depannya, ini bisa menjadi sapi potong dan dijual untuk memenuhi permintaan pasar akan kebutuhan daging sapi." (CP/*)

Berita Terbaru