Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Delapan Tuntutan Forum Masyarakat Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 28 Juni 2016 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kobar - Sedikitnya ada delapan tuntutan warga Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, yang disuarakan dalam aksi demo di Bundaran Pancasila, Pangkalan Bun, Selasa (28/6/2016) pagi, sekitar pukul 09.00 WIB. Ini akumulasi kemarahan masyarakat atas tindakan arogan anggota TNI AU Lanud Iskandar kepada masyarakat Kobar.

"Walau tidak seimbang, tapi kami akan melawan setiap tindakan sewenang-wenang TNI AU Lanud Iskandar Pangkalan Bun!" Demikian teriak Aminullah, tokoh pemuda Kobar mengungkapkan kemarahan masyarakat yang tergabung dalam Forum Masyarakat Kobar, dalam orasi di depan seratusan pendemo.

Berikut Pernyataan Sikap Forum Masyarakat Kobar yang dibacakan Ketua DPD KNPI Kobar, Abi Nazar Habsy dalam orasinya di depan seratusan peserta demonstrasi:

1. Mendesak pemerintah, khususnya Presiden RI , Komnas HAM, Mabes TNI dan semua lembaga sipil terkait untuk turun tangan, mengusut berbagai kasus kekerasan dan intimidasi yang pernah dilakukan anggota TNI AU Lanud Iskadar kepada masyarakat Kotawaringin Barat.

2. Bebaskan Bandara Iskandar dari intervensi militer, khususnya TNI AU dan mengembalikan hak otoritas bandara kepada peraturan sipil.

3. Meminta negara mengusut dugaan penyalahgunaan aset negara yang diduduki oleh TNI AU Lanud Iskandar.

4. Bebaskan jalan umum lintas Kumai - Pangkalan Bun yang sudah digunakan masyarakat sejak Indonesia belum merdeka dari klaim TNI AU dan kembalikan fungsinya sesuai kepentingan umum.

5. kembalikan hak masyarakat yang sudah dirampas secara paksa tanpa dasar hukum jelas oleh TNI AU Lanud Iskandar

6. Hapuskan pungutan-pungutan liar di Bandara Iskandar dan bentuk pungutan tidak sah lainnya

7. Menolak solusi tukar guling lahan TNI AU yang ditawarkan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat sebelum jelas duduk perkara sengketa tanah ini secara historis, sosiologis dan yuridis.

8. Mencopot jabatan Danlanud Iskandar, Letkol Pnb Ucok Enrico Hutadjulu dan anggota Lanud lainnya yang terlibat perkara penyegelan, intimidasi dan kekerasan terhadap warga masyarakat Kotawaringin Barat serta angkat kaki dari Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. (WAHYU KRIDA/N).

Berita Terbaru