Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Samarinda Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Lakukan Fogging Massal diKasongan

  • Oleh Hairul Saleh
  • 29 Juni 2016 - 04:45 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Dinas Kesehatan melakukan fogging massal di Kasongan, Selasa (28/6/2016). Ini guna mengantisipasi serangan demam berdarah dengue (DBD) yang lebih meningkat lagi.  Belum lama ini penyakit mematikan tersebut muncul di Kecamatan Katingan Kuala.

Sekretaris Daerah (Sekda) Katingan Nikodemus disela-sela kegiatan mengungkapkan, fogging masalah ini dilakukan karena Kota Kasongan endemik atau rentan terhadap penyakit DBD.

"Kita khawatir, karena mobilisasi penduduk cukup tinggi, sehingga jangan-jangan kasus di Pagatan bisa menular hingga Kasongan dan menimbulkan Kejadian Luar  Biasa (KLB)," ujar Nikodemus.

Dia menyebut, jika terjadi ada munculnya kasus di daerah lain di Kabupaten Katingan, maka fogging harus langsung dilakukan di Kasongan. Namun dia berharap, mudah-mudahan tidak sampai terjadi DBD lagi.

"Sejauh ini, statusnya masib belum KLB. Sebelumnya, fogging fokus telah dilakukan di Desa Pagatan. Sementara untuk hari ini (kemarin), fogging massal dilakukan di wilayah Kelurahan Kasongan Lama dan Kasongan Baru," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr Robertus Pramuryanto mengungkapkan, pada tahun 2016 telah terjadi 21 kasus penyakit DBD. Namun penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk jenis Aedes Aegypti tersebut tidak sampai menyebabkan korban jiwa.

"Khusus di Kasongan, kita lakukan fogging massal. Mudah-mudahan tidak hujan, kalau cuma berangin malah bagus karena cepat menyebar. Obatnya pembasmi nyamuk ini sifatnya ringan, sehingga mudah terbawa angin," ujarnya.

Menurut Robert, obat tersebut sudah diuji laboratorium, sehingga aman bagi masyaralat yang menghirupnya. Jadi warga diminta tidak perlu khawatir, termasuk binatang peliharaan juga aman.

"Alat untuk fogging menggunakan mesin dan ditaruh di atas mobil. Sambil mobil berjalan, sambil juga dilakukan pengasapan menggunakan mesin," jelasnya. (HAIRUL SALEH/m)'

Berita Terbaru