Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mukomuko Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hapakat Gelar Parade dan Seni Budaya di Objek Wisata Bukit Batu

  • Oleh Hairul Saleh
  • 01 Juli 2016 - 13:35 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Himpunan Pemuda Katingan (Hapakat) menggelar Parade Musik dan Seni Budaya 2016, di kawasan objek wisata Bukit Batu, kilometer 11, Jalan Tjilik Riwut, Kecamatan Katingan Hilir, 7-8 Juli 2016. Hapakat bersepakat mempromosikan objek wisata Bukit Batu, guna meningkatkan minat wisatawan mengunjungi lokasi pertapaan Pahlawan Nasional asal Kalimantan Tengah, Tjilik Riwut tersebut.'

"Festival ini juga didukung oleh Pemerintah Kabupaten Katingan dan Disporbudpar Katingan serta Bukit Raya Production," ujar Ketua Umum Hapakat, Nirwansyah kepada wartawan, di Kasongan, Jumat (1/7/2016).

Ketua Umum Hapakat, Nirwansyah mengatakan, parade tersebut bertujuan mempromosikan kawasan objek wisata Bukit Batu guna meningkatkan minat wisatawan lokal, nasional hingga internasional untuk mengunjungi lokasi pertapaan Tjilik Riwut tersebut.' "Kegiatan ini juga untuk mendukung program Kasongan Green City."

Menurut Nirwansyah, dalam parade tersebut akan digelar kampanye peduli lingkungan, parade pakaian daerah, tari daerah dan hiburan rakyat.' "Selama kegiatan nantinya kita akan melakukan aksi pembersihan lingkungan di kawasan Bukit Batu bersama pemuda Hapakat dan masyarakat yang hadir," ujarnya.

Untuk parade pakaian daerah dan tari daerah, sebutnya, bertujuan melestarikan 'kesenian dan budaya serta suku Dayak yang diikuti oleh kalangan pemuda dan pemudi. "Melalui parade pakaian dan tari daerah ini diharapkan dapat menumbuhkan dan mengembangkan minta pecinta kebudayaan maupun masyarakat untuk mengeksiskan budaya Dayak," ucapnya.

Ketua Umum Hapakat, Nirwansyah menambahkan, pada acara hiburan rakyat pihaknya juga menggelar acara musik yang dimeriahkan oleh artis ibu kota, yakni Egha KDI dan Ratih KDI'. Selain itu juga akan menampilkan artis lokal Kalimantan Tengah, yakni dari Kabupaten Kapuas, Katingan, Kota Sampit dan Palangka Raya.

"Kami berharap acara ini nantinya dapat terselenggara dengan lancar dan aman. Karena selain 'bertujuan sebagai promosi pariwisata, secara langsung juga memberikan hiburan kepada masyarakat yang menikmati masa cuti panjang," tutupnya. (HAIRUL SALEH/N).

Berita Terbaru