Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotawaringin Timur Diminta Serius Tangani Kebakaran Pasar Tumbang Sangai

  • Oleh M. Rifqi
  • 03 Juli 2016 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Kotim - DPRD Kotawaringin Timur meminta Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur serius menangani eks pedagang dan lokasi kebakaran Pasar Tumbang Sangai. Musibah kebakaran menghabiskan 73 bangunan, terdiri dari ruko, los pasar, dan rumah pribadi, di Pasar Tumbang Sangai, Desa Sangai, Kecamatan Telaga Antang, Kotim, Kamis (30/6/2016) siang.

'Saya berharap pemkab segera mengambil tindakan serius terkait peristiwa tersebut. Perhatian terutama kepada para pedagang yang terkena musibah, mereka kehilangan barang dagangan dan mata pencaharian,' ujar Wakil Ketua DPRD Kotim, Dewin Marang, di Sampit, Jumat (1/7/2016).

Politisi Partai Golkar itu meminta Pemkab Kotim melalui instansi terkait menyegerakan penyaluran bantuan untuk warga korban kebakaran. Terutama kebutuhan makanan dan air bersih. 'Apabila anggaran untuk bantuan tersedia, hendaknya segera memprosesnya sehingga warga korban kebakaran dapat terbantu.'

Wakil Ketua DPRD Kotim, Dewin Marang juga mendesak Pemkab Kotim menyiapkan tempat relokasi yang representatif untuk para pedagang pasar Tumbang Sangai. Dia mendorong agar pemkab tak hanya menyediakan lokasi berjualan, tetapi juga menggunakan dana insidentil untuk pengadaan alat bantu dagang bagi para pedagang korban kebakaran.

'Mereka kebanyakan mengkhawatirkan soal cara berjualan lagi. Dinas pasar harus meresponsnya dengan pendataan dan menyiapkan relokasi,' ujar Wakil Ketua DPRD Kotim, Dewin Marang.

Sementara itu anggota DPRD Kotim lainnya Dani Rakhman, meminta Pemkab Kotim segera mencari solusi perihal nasib para pedagang yang tempat berjualannya habis terbakar.

'Karena kita ketahui, dagangan yang sudah habis terbakar tersebut sudah pasti adalah mata pencarian utama dari para pedagang tersebut. Sehingga kami meminta pemkab segera memikirkan bagaimana nasib pedagang pasca kebakaran ini,' ujar anggota DPRD Kotim, Dani Rakhman. (M. RIFQI/N).

Berita Terbaru