Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

FKUB Lamandau Siap Amankan Seluruh Rangkaian Idul Fitri

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 05 Juli 2016 - 11:23 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik  - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, kembali memastikan akan melaksanakan pengamanan pada perayaan Lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya. Rencana pengamanan segenap rangkaian Idul Fitri 1437 Hijriyah tersebut ditandai Apel SiagaSenin (4/7/2016), di halaman Kantor FKUB setempat, Komplek perkantoran, Jalan Bukit Hibul Selatan, Nanga Bulik.

Apel Siaga berlangsung dengan dipimpin Ketua FKUB Lamandau, Yusuf Ahmad Noor. Hadir pula dalam kegiatan itu Ketua Sekretariat FKUB, Abdul Kohar, serta tim pelaksana pengamanan Hari Raya berjumlah 30 orang.

"Apel ini juga dimaksudkan untuk mengecek kembali semua personel yang  akan ditugaskan dalam pengamanan perayaan hari raya Idul Fitri kali ini," ungkap Ketua FKUB Lamandau, Yusuf Ahmad Noor.

Pengamanan oleh FKUB meliputi seluruh rangkaian kegiatan Idul Fitri 2016, termasuk takbir keliling di malam takbir hingga pelaksanaan salat Idul Fitri di setiap masjid dan lapangan, di ibu kota Kabupaten Lamandau. 

Selain itu, terpantau pada apel ini juga dibagikan seragam kepada tim pengamanan untuk digunakan dalam melaksanakan tugasnya. Seperti diketahui pula, tim pengamanan sendiri merupakan warga Lamandau yang merupakan perwakilan berbagai agama dan keyakinan yang ada di Lamandau, yang didominasi oleh para pemuda.

Sementara itu, Ketua sekretariat FKUB Lamandau, Abdul kohar, juga menjelaskan bahwa pada tahun ini setidaknya ada beberapa titik ayang akan mendapat pengamanan, diantaranya adalah 6 Masjid di Nanga Bulik yang telah memastikan akan melaksanakan Salat Idul Fitri 1437 H.

"Sehingga tim pengamanan juga akan ditempatkan pada keenam masjid tersebut dengan jumlah personel rata rata 5 orang, dan akan dikerjasamakan dengan aparat keamanan lainnya," kata dia.

Keenam masjid tersebut, sambung Abdul Kohar, adalah masjid Jami' Roudhotul Jannah, Masjid Muhajirin, Masjid Awaliyah, Masjid Baitul Huda, Masjid Polres dan Masjid Nurul Muroqobah.

Selain melaksanakan pengamanan pada pelaksanaan Salat Idul Fitri, FKUB juga melaksanakan pengamanan malam takbiran yang dilaksanakan oleh PHBI Kabupaten Lamandau di enam titik yaitu Depan Masjid Awaliyah sebagai tempat Start/Finish, Pospol Pertigaan Batu Batanggui, Pertigaan SDN 6 Nanga Bulik, Bundaran Rusa, Bundaran arah E1, dan pertigaan depan SMPN 1 Bulik.

Dikatakannya pula, pengamanan jalur takbir keliling ini sebagai bentuk antisipasi bertemunya antar rombongan Takbir Keliling baik rombongan dari SKPE maupun dari kecamatan Sematu Jaya, tandasnya. (HENDI NURFALAH/N).

Berita Terbaru