Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementerian Agama Kalimantan Tengah Lakukan Ru'yatul Hilal

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 04 Juli 2016 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kementerian Agama kantor wilayah Kalimantan Tengah melakukan pemantauan bulan atau dikenal sebagai Ru'yatul Hilal. Proses ini sebagai cara untuk mengetahui tanda sudah masuk bulan baru atau belum. Ru'yatul Hilal dipimpin langsung kepala Kanwil Kemenag Kalteng Abdul Halim, Senin (4/7/2016) pukul 17.00 WIB.

Momen ini penting sehingga muslim bisa mengetahui apakh besok sudah masuk bulan syawal ataukah masih bulan ramadan sehingga masih tetap wajib menunaikan ibadah puasa. Pelaksanaan dilakukan di tempat tertinggi di suatu daerah agar bebas dari penghalang saat melihat ufuk. Rombongan Kemenag Kalteng dan Kemenag Kota Palangka Raya mengambil puncak Hotel Aquarius di lantai 9.

Sebelum menuju hotel, dilakukan rapat di Aula Kemenag Kalteng. Ini untuk mengetahui informasi pemantauan terakhir di tingkat nasional dari beberapa daerah yang melakukan ru'yat.  Hasil sementara, kemungkinan sulit akan melihat  

"Itu sebagai modal awal, tapi nanti hasil finalnya dengan melihat dengan teropong," kata Abdul Halim.

Sementara saat pemantauan menggunakan teropong sore tadi, memang bulan masih di atas ufuk 2 derajat, hampir tenggelam. Tetapi matahari justru lebih tinggi di atasnya.

"Jadi nantiya bulan lebih dulu tenggelam, baru kemudian matahari menyusul. Kemungkinan bulan minus dibawah ufuk, artinya tidak terbentuk hilal/bulan baru," ungkap pegawai Kemenag yang memegang teknis teropong, kepada Borneonews di lokasi pemantauan. (ROZIKIN)

Berita Terbaru