Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Sukamara Minta Warga Jangan Bakar Hutan Saat Musim Kemarau

  • Oleh Norhasanah
  • 11 Juli 2016 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Bupati Sukamara menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sukamara untuk tidak membakar hutan atau lahan  saat musim kemarau yang diperkirakan akan tiba pada bulan Juli ini.

Dirman juga menekankan agar warga tidak membakar lahan untuk alasan apapun. Jika kebakaran lahan terjadi maka semua akan terkena dampak langsung baik itu dari segi kesehatan maupun rusaknya ekosistem alam.

'Saya terus ingatkan untuk tidak membakar lahan, kita ingat kejadian pembakaran lahan yang terus terjadi setiap tahun dan yang terparah ditahun lalu, Jangan sampai itu terulang kembali. Mari sama-sama untuk menjaga agar tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan,' jelas Dirman saat acara buka bersama di Rumah Jabatan Bupati, Senin (11/07/2016).

Sebelumnya Wakil Bupati Sukamara juga mengingatkan kepada seluruh petani di kabupaten Sukamara untuk tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar.

'Larangan membakar hutan dan lahan sebagai antisipasi kejadian tahun lalu di mana agar bencana asap tidak terulang lagi,' kata Windu.

Windu menjelaskan selain membakar lahan, masih banyak cara lain yang dapat dilakukan para petani yang ingin membuka lahan pertanian. Minimal seperti gotong-royong dalam membuka lahan. Menurutnya jika dilakukan secara bersama-sama tentunya lahan pertanian tersebut dapat dibuka tanpa harus membakar lahan.

'Galakkan lagi kerjasama dalam bertani, karena dengan bekerasama seluas apapun lahan tentunya bisa diolah tanpa harus membakar,' kata Windu. (NORHASANAH/m)

Berita Terbaru