Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MUI dan PKK Katingan Gelar Halal Bilhalal

  • Oleh Abdul Gofur
  • 17 Juli 2016 - 17:05 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama TP PKK Kabupaten Katingan dan organisasi perempuan lainnya seperti Fatayat dan Muslimat NU serta Bhayangkari mengadakan halal bilhalal atau silaturahmi di Komplek Pasar Kereng Pangi, Minggu (17/7/2016).

Dalam kesempatan itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Katingan Mahzumi mengatakan jika MUI setempat pada 2016 ini ada unsur perempuan yang diketuai oleh Endang Susilawatie yang juga istri Bupati Ahmad Yantenglie.

"Majelis ulama sekarang ada unsur perempuan. Dan pada 2016 ini kami membuat program agar dilaksanakan majelis ulama unsur perempuan, kebetulan sebagai ketua adalah Ibu Endang Susilawati," kata Mahzumi.

Dengan adanya acara halal bilhalal ini, Mahzumi mengucapkan rasa terimakasih atas kerjasama MUI unsur perempuan dengan ormas-ormasnya.

"Kemarin kita sebulan penuh melaksanakan puasa diakhiri dengan Idul Fitri. Karena ini masih momen Idul Fitri kita melaksanakan kegiatan silaturahmi di Kereng Pangi ini," sebut Mahzumi.

Asisten I Setda Katingan Jainudin Sapri mewakili Bupati Ahmad Yantenglie mengatakan acara halal bilhalal ini merupakan acara sangat penting. Sebab acaranya adalah halal bilhalal yaitu saling maaf memaafkan.

"Halal bilhalal ini memang diperintahkan dan diwajibkan oleh Allah SWT agar kta saling memafkan satu dengan lainnya," katanya.

Tidak hanya antarumat muslim saja, namun halal bilhalal juga dilakukan dengan seluruh umat manusia. 

"Harapan saya dengan halal bilhalal ini kita bisa kembali fitrah, dan silaturahmi maaf bermaafan ini tidak hanya setahun sekali saat hari raya, namun bisa dilaksankan setiap hari," imbuhnya. 

Pemerintah daerah, kata Jainudin Sapri mendukung kegiatan seperti ini, buktinya Ketua TP PKK Katingan yang juga istri Bupati Ahmad Yantenglie Endang Susilawatie ikut berhadir. Selain itu Kapolres Katingan AKBP Tato Pamungkas Suyono juga turut serta hadir.

Di penghujung acara diisi oleh tausiyah Ustazdah Hamdanah dari Palangkaraya dan Muhammad Zaini dari Jakarta. (ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru