Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementerian Agama Tambah Jumlah Buku Nikah untuk Antisipasi Ledakan Pernikahan,

  • Oleh Norhasanah
  • 18 Juli 2016 - 14:50 WIB

BORNEONEWS,Sukamara ' Kementerian Agama (Kemenag) Sukamara menambah jumlah buku nikah sebanyak 10 persen dari tahun sebelumnya. Ini untuk mengatisipasi kekurangan buku nikah saat menjelang musim perkawinan.

Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Sukamara Hadrianur mengatakan, usai lebaran Idul Fitri memang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan hajatan besar seperti perkawinan. Sehingga dibulan-bulan seperti ini jumlah pengeluaran surat nikah sedikit bertambah jika dibanding bulan biasa lainnya.

'Untuk mengantisipasi kekurangan buku nikah, kita selalu menambah jumlah buku nikah setiap tahunnya' kata Hadrianur di ruang kerjanya, Senin (18/07/2016).

Meskipun jumlah perkawianan meningkat, namun untuk persedian buku nikah dipastikan akan cukup karena semuanya telah dilakukan perhitungan berdasarkan jumlah penduduk yang ada. Jadi apabila terjadi ledakan jumlah pernikahan, pihaknya tidak khawatir akan kehabisan persedian buku nikah.

'Tahun sebelumnya kita menyediakan sebanyak 250 surat nikah, dan tahun ini karena ditambah sebanyak 10 persen, maka menjadi 275 surat buku nikah' ujarnya.

Selain bulan Syawal masih banyak bulan-bulan lainnya seperti bulan Maulid dan Haji yang juga digunakan masyarakat sebagai hari baik untuk melangsungkan pernikahan.

'Karena tidak fokus pada satu bulan saja, sehingga jumlah permintaan bisa terbagi dalam beberapa bulan dan untuk pendistribusian dilakukan sebelum adanya peningkatan jumlah proses pernikahan di masyarakat' tutur Hadrianur. (NORHASANAH/m)

Berita Terbaru