Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Alokasi Jalan Lingkar Luar Tatas-Bungur Rp10 Miliar

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 19 Juli 2016 - 19:25 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akan memprioritaskan pembangunan jalan lingkar luar (outer ringroad) Tatas-Bungur. Pembangun jalan sepanjang enam kilometer dengan hotmix pada 2017 ini menggunakan  anggaran APBD Kobar melalui Dana Alokasi Khusus senilai Rp10 miliar.

Hal itu terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan warga Tatas-Bungur, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa (19/7/2016).

Selain jalan poros lingkar luar, beberapa kegiatan seperti pembangunan makam umum dan jalan menuju sekolah SMP Negeri 6 Natai Pelingkau juga akan dikerjakan.

Menurut Komisi C DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Sri Purwanti, sebenarnya rencana pembangunan jalan Tatas-Bungur sudah menjadi pembahasan oleh pemerintah daerah. Dan di dalam RDP yang digelar bersama warga dan eksekutif disepakati bahwa alokasi anggaran sebesar Rp10 miliar.

Kegiatan tersebut juga meliputi pembangunan makam umum serta jalan tembusan menuju SMP Negeri 6 Natai Pelingkau.

Sri Purwanti berpendapat, jalan Tatas-Bungur memang sewajarnya harus mendapat perhatian dan menjadi program prioritas pemerintah daerah. Itu demi kemajuan pembangunan serta memperlancar roda perekonomian wilayah tersebut.

"Ini RDP masih berlangsung dan kesepakatannya alokasi dana yang dianggarkan adalah Rp10 miliar, meningkat Rp2 miliar dari Rp8 miliar yang direncanakan," beber Sri.

Sementara itu, tokoh pemuda Bungur-Tatas Robby Santoso mengatakan RDP yang dilaksanakan bersama DPRD dan eksekutif telah menghasilkan kesepakatan dan mengalokasikan anggaran bagi pembangunan jalan Bungur.

Ia merasa bersyukur bahwa perjuangan warga untuk meminta perhatian pemerintah untuk perbaikan jalan yang selama beberapa tahun rusak parah sudah mendapat angin segar, baik dari DPRD Kobar ataupun dari Pemerintah Kabupaten Kobar.

"Alhamdulillah, tadi seluruhnya sudah sepakat untuk 2017 akan dialokasikan anggaran Rp10 miliar untuk Tatas-Bungur. Selain itu rencananya jalan itu juga akan dilebarkan menjadi 20 meter," ujar Robbi yang juga politikus dari Perindo ini.

Sebelumnya, ratusan warga Tatas-Bungur melakukan aksi keprihatinan terhadap kondisi jalan dengan melakukan kegiatan pengumpulan koin, rencananya koin tersebut akan di serahkan kepada pemerintah daerah untuk membantu perbaikan jalan Tatas-Bungur. Aksi tersebut mendapat respon dengan perbaikan berupa timbunan dan pengerahan alat berat dari pemkab Kobar. (KOKO SULISTYO/m) 

Berita Terbaru